Selasa 16 Apr 2024 20:08 WIB

Hari Pertama Kerja, KSAU Puji Prajurit yang Bertugas Selama Libur Lebaran

Apel perdana Marsekal Tonny di hadapan prajurit TNI AU adalah utamakan keselamatan.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Mohamad Tonny Harjono saat memberikan keterangan pers usai dilantik di Istana Negara, Jakarta, Jumat (5/4/2024).
Foto: Republiika/Dessy Suciati Saputri
Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Mohamad Tonny Harjono saat memberikan keterangan pers usai dilantik di Istana Negara, Jakarta, Jumat (5/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal  Mohamad Tonny Harjono saat memimpin apel luar biasa pada hari pertama kerja selepas cuti Lebaran, Selasa (16/4/2024), memuji prajurit TNI AU yang merampungkan tugasnya selama libur Lebaran.

Tonny juga berterima kasih kepada mereka karena bekerja profesional dan menuntaskan tugas operasi pengamanan serta operasi kemanusiaan yang dipercayakan pemerintah kepada TNI AU selama periode cuti Lebaran pada 8–15 April 2024.

Baca: Hadiah Unik Bilah Pesawat dari KSAU ke-24 untuk KSAU ke-23

Dia pun mengingatkan jajaran prajurit tugas TNI AU ke depan bakal semakin kompleks dan dinamis. Sehingga seluruh prajurit TNI AU perlu terus mengasah diri dan meningkatkan kemampuan demi menjawab tantangan tersebut.

Tonny juga meminta seluruh prajurit, termasuk para penerbang dan kru pesawat untuk tetap mengutamakan keselamatan saat melaksanakan tugas. Sikap itu juga bertujuan untuk memastikan operasi-operasi berjalan tuntas dan efektif.

Tonny pun menginstruksikan kepada prajurit TNI AU untuk menerapkan tugas sebagaimana ditetapkan dalam slogan TNI AU yang baru, yaitu AMPUH. Adapun AMPUH merupakan kependekan dari adaptif, modern, profesional, unggul, dan humanis.

Baca: TNI AU dan RAJF Berhasil Kirim Bantuan ke Gaza Lewat Airdrop

Apel luar biasa di Markas Besar TNI Angkatan Udara (Mabesau), Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa, merupakan yang pertama kali dipimpin Tonny setelah ia resmi menjabat sebagai KSAU pada Jumat (5/4/2024). Tonny ditunjuk oleh Presiden RI Joko Widodo sebagai KSAU menggantikan Marsekal Fadjar Prasetyo yang pensiun per 9 April 2024.

Apel tersebut diikuti Wakil KSAU Marsdya Andyawan Martono Putra, Panglima Komando Operasi Udara Nasional (Pangkoopsudnas) Marsdya Tedi Rizalihadi, Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan, dan Latihan TNI AU (Dankodiklatau) Marsdya Arief Mustofa, dan Kepala Basarnas Marsdya Kusworo.

Baca: Panglima TNI Promosikan Marsda M Khairil Lubis Jadi Pangkogabwilhan II

TNI AU sebagaimana matra TNI lainnya tetap menyiagakan prajurit dan armadanya untuk menjaga ruang udara RI dan membantu perjalanan pemudik selama libur Lebaran. Tidak hanya itu, beberapa prajurit TNI AU terpilih juga berhasil merampungkan tugas kemanusiaan mereka di Gaza selama libur Lebaran.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement