Selasa 02 Apr 2024 13:20 WIB

Catat! Ini Jadwal Diskon Tarif Tol Saat Mudik yang Berlaku Mulai Besok

Potongan tarif tol ini berlaku untuk transaksi nontunai dengan saldo kartu cukup.

Sejumlah kendaraan roda empat melaju di Jalan Tol Trans Jawa Ruas Semarang-Batang via Gerbang Tol (GT) Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, Ahad (31/3/2024).
Foto: ANTARA FOTO/Makna Zaezar
Sejumlah kendaraan roda empat melaju di Jalan Tol Trans Jawa Ruas Semarang-Batang via Gerbang Tol (GT) Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, Ahad (31/3/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menyampaikan penerapan diskon tarif tol selama periode arus mudik dan balik lebaran 2024 di sejumlah ruas. Basuki menyebutkan, penerapan diskon tol bervariasi di masing-masing ruas jalan tol dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang mengaturnya. 

Pertama potongan 20 persen untuk jalan tol Trans Jawa yakni di pertama jalan tol Trans Jawa di tol Tangerang-merak, Jakarta-Cikampek, Jakarta-Cikampek elevated (MBZ), Cikopo-Palimanan, Palimanan-Kanci, Kanci-Pejagan, Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Semarang ABC dan Jombang-Mojokerto.

Baca Juga

Sementara untuk Jalan Tol Trans Sumatera yang menerapkan tarif 20 persen adalah ruas Jalan Tol Indralaya-Prabumulih dan Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung.

"Ini kami sebutkan masing-masing karena juga masing-masing punya BUJT sendiri. Berlakunya, saat periode mudik 3 April 2024 mulai pukul 05.00 WIB sampai dengan 5 April pukul 05.00 WIB dan periode balik tanggal 17 April 2024 pukul 05.00 sampai 19 April pukul 05.00 WIB," ujar Basuki saat Rapat Kerja Persiapan Mudik dengan Komisi V DPR RI, Selasa (2/4/2024).

Selanjutnya, Basuki menyebutkan diskon tol dari para BUJT untuk jalan tol Krian- Legundi-Bunder sebesar 14 sampai 35 persen dengan ketentuan. Untuk kendaraan non golongan 1 dengan rincian sebagai berikut: golongan III dan III sebesar 14 persen dan golongan IV dan V sebesar 35 persen, selama 17 hari mulai tanggal 3 April sampai dengan 19 April 2024.

"Potongan tarif tol ini berlaku untuk transaksi nontunai dengan saldo kartu elektronik cukup. Oleh karena itu, kami mohon agar masyarakat untuk dapat memastikan saldo kartu elektronik mencukupi selama perjalanan," ujarnya.

Basuki dalam paparannya juga menyebutkan secara nasional kondisi jalan nasional hingga periode mudik lebaran 2024 ini  sepanjang 47.600 kilometer dengan kemantapan 94,2 persen. Kemudian total panjang jalan tol sebesar 3.020 kilometer terdiri dari jalan tol operasional sepanjang 2.835 KM baik di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Bali dan Sulawesi.

"Tahun ini insyallah akan ada jalan tol yang dapat dilalui secara fungsional sudah rigit payment semua hanya belum dioperasikan secara resmi jadi sudah dapat difungsikan H-7 tgl 4 April sampai H+7 tgl 16 April," ujarnya.

Selain itu, terdapat 134 tempat istirahat yang tersebar juga di seluruh jalan tol. Kemudian fasilitas toilet yakni di lokasi rest area telah disiapkan sebanyak 9.000 toilet, yang terdiri dari eksisting sebanyak 6.175 unit dan tambahan sebanyak 2.833 unit.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement