Selasa 26 Mar 2024 19:09 WIB

Ada 66 Kapal Beroperasi Selama Arus Mudik Menuju Sumatra

Kurang lebih 50 kapal yang ada di Merak dan 11 kapal di Pelabuhan Ciwandan.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Erik Purnama Putra
Kendaraan pemudik antre saat menaiki kapal di Dermaga 5 Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, Rabu (19/4/2023).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Kendaraan pemudik antre saat menaiki kapal di Dermaga 5 Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, Rabu (19/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, CILEGON -- Sebanyak 66 kapal akan dioperasikan untuk penyeberangan menuju Pulau Sumatra pada arus mudik Lebaran 2024. Kepala Seksi Sarana Jalan, Sungai, Danau dan Penyeberangan Balai Pengelola Transportasi Darat Kelas II Banten Ihwan Prihanto menyebut, 66 kapal itu terbagi di tiga pelabuhan, yakni Merak, Ciwandan, dan BBJ Bojonegara.

 

"Kurang lebih 50 kapal yang ada di Merak dan 11 kapal di Pelabuhan Ciwandan dan kemudian lima kapal di BBJ Bojonegara, ini pola operasi yang nanti dioperasikan pada saat pola normal atau saat padat," ujar Ihwan dalam paparannya saat meninjau Kesiapan Mudik Lebaran di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Provinsi Banten, Selasa (26/3/2024).

Baca: Filipina Protes Beijing, Kapal Logistik Militernya Diserang China

 

Ihwan menyebut, pada saat H-7 Lebaran, BPTD akan mengoperasikankapal dengan kapasitas penumpang besar. Hal itu diharapkan dapat meningkatkan kelancaran proses penyeberangan para pemudik menuju Sumatra.

Di Pelabuhan Ciwandan, empat dari 11 kapal yang beroperasinya diprioritaskan bagi kendaraan roda dua. "Kami gunakan empat kapal dengan kapal kapasitas besar yang akan kami prioritaskan untuk kendaraan roda dua dan beberapa kendaraan golongan VIb dan VII baik itu kendaraan angkutan barang yang memang masih dimungkinkan beroperasi untuk angkut bahan pokok," ujar Ihwan.

Menurut Ihwan, pada Lebaran 2024, pemerintah menetapkan pendistribusian kendaraan pemudik melalui tiga pelabuhan yakni Merak, Ciwandan dan BBJ Bojonegara. Hal itu untuk memecah kepadatan pemudah yang ingin menuju Sumatra.

Baca: Rebut dari Singapura, Layanan Udara di Kepri dan Natuna Kini Dikelola RI

"Sehingga di tahun tahun sebelumnya untuk pergerakan kendaraan ini yang tadinya menumpuk di Merak, dengan kita pecah di tiga pelabuhan ini akan terdistribusi dan tidak hanya dipikul oleh pelabuhan Merak, ini yang kita harapkan dapat memperlancar arus lantas dari Jawa menuju Sumatra," ujarnya.

 

Sementara untuk di Pelabuhan Merak akan dioperasikan tujuh dermaga terdiri dari enam dermaga reguler dan satu dermaga eksekutif. Ihwanmenyatakan, prediksi puncak arus mudik Lebaran akan terjadi pada H-3 dan H-2 dan arus balik pada H+3 dan H+4.

 

"Kesiapan sarana dan prasarana, tadi sudah disampaikan GM ASDP bahwa akan dioperasikan tujuh dermaga Merak terdiri dari enam dermaga reguler dan satu dermaga eksekutif dimana total kapal yang beroperasi adalah kurang lebih 50 kapal yang ada di Merak dan 11 kapal di pelabuhan Ciwandan dan kemudian lima kapal di BBJ Bojonegara," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement