Ahad 17 Mar 2024 20:20 WIB

Biden Sentil Kesehatan Mental Donald Trump

Biden berusaha menaikkan dukungan politik usai diragukan soal usia.

Rep: Lintar Satria/ Red: Teguh Firmansyah
Kombinasi foto Joe Biden dan Donald Trump.
Foto: AP Photo/John Locher
Kombinasi foto Joe Biden dan Donald Trump.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden melontarkan lelucon tentang kesehatan mental lawan politiknya mantan Presiden Donald Trump di acara makan malam Gridiron Club. Tradisi di Gedung Putih itu sudah dimulai pada tahun 1880-an.

Biden menghadiri makan malam saat para politisi dan jurnalis saling melontarkan candaan dalam lingkungan resmi. Ini pertama kalinya presiden menghadiri langsung pertemuan itu sejak Trump tahun 2018.

Baca Juga

Biden yang berusia 81 tahun hampir dipastikan maju sebagai  kandidat presiden Partai Demokrat dan akan kembali menghadapi Trump yang berusia 77 tahun pada November mendatang. Biden berusaha menaikan angka dukungannya dan kekhawatiran sekutunya ia terlalu tua untuk kembali maju.

"Salah satu kandidat terlalu tua dan tidak sehat secara mental. Kandidat lainnya adalah saya," kata Biden, Sabtu (16/3/2024).

Acara itu dihadiri 650 tamu undangan termasuk Perdana Menteri Irlandia Leo Varadkar, pendiri Amazon dan pemilik Washington Post Jeff Bezos dan CEO TikTok Shou Zi Chew yang bisnisnya di AS dapat dilarang pemerintah Biden. Tim kampanye Trump belum menanggapi permintaan komentar.

Trump juga kerap mempertanyakan kapasitas mentaral Biden untuk menjadi presiden. Dalam acara itu Biden menekankan pentingnya pers yang menurutnya bukan "musuh rakyat," pernyataan yang bertolak belakang dengan Trump tentang media.

Ia juga membahas perang di Ukraina dengan Perdana Menteri Estonia Kaja Kallas yang menghadiri makan malam itu. "Kami tidak akan tunduk, mereka (Ukraina) tidak akan tunduk dan saya tidak akan tunduk," kata Biden.

Usai berpidato Biden menghampiri tamu undangan dan berswa foto dengan para reporter dan menelepon ibu salah satu tamu. Gubernur Michigan Gretchen Whitmer yang mewakili Partai Demokrat dalam acara itu juga turut berpidaato begitu juga Gubernur Utah Spencer Cox yang mewakili Partai Republik.

Cox yang berusia 48 tahun membuat lelucon, ia akan mengumumkan pencalonannya dalam pemilihan presiden pada tahun "2052, ketika saya masih lebih muda dibanding Presiden Biden dan Presiden Trump."

Lebih serius lagi, ia mengatakan ada rasa lapar di kalangan masyarakat Amerika akan sesuatu yang lebih positif dalam politik.

Klub yang terdiri dari 65 anggota itu mewakili organisasi media, menampilkan lagu-lagu dan sandiwara satir. Salah satu lagu membuat candaan mengenai usia Biden dan Trump dengan mengubah lirik lagu the Beatles "When I'm Sixty-Four."

Berbeda dengan acara serupa, jamuan makan malam White House Correspondents' Association pada bulan April, jamuan makan malam Gridiron tidak disiarkan di televisi dan mencoba mempertahankan suasana masa lalu dengan pria berdasi putih dan wanita bergaun panjang.

Tidak ada foto yang diperbolehkan selama makan malam dan peserta diminta untuk tidak memposting di media sosial sampai acara makan malam selesai. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement