Ahad 17 Mar 2024 13:32 WIB

Bambang Haryo Buka Opsi Partai Gerindra Dukung Eri Cahyadi

Gerindra meraih delapan kursi DPRD Kota Surabaya dari sebelumnya lima kursi.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Erik Purnama Putra
Anggota Dewan Pakar DPP Partai Gerindra, Bambang Haryo Soekartono.
Foto: DPR RI
Anggota Dewan Pakar DPP Partai Gerindra, Bambang Haryo Soekartono.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Anggota Dewan Pakar DPP Partai Gerindra, Bambang Haryo Soekartono membuka peluang partainya untuk mengusung Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi pada Pilkada 2024. Meskipun, pada Pilwali Surabaya 2019, Gerindra dan Eri Cahyadi berada pada posisi yang berseberangan.

"Tapi tidak menutup kemungkinan Mas Eri-Armuji juga masuk radar Gerindra (di Pilwali 2024). Ini kan orang-orang yang sudah melaksanakan (roda pemerintahan) dan sudah terbukti," kata Bambang di Kota Surabaya, Jawa Timur, Ahad (17/3/2024).

Baca: Prabowo Dapat Ucapan Selamat dari Presiden Palestina

Bambang menyampaikan, sejumlah program Eri Cahyadi yang dianggap berhasil. Di antaranya, penurunan stunting yang saat ini angkanya di Kota Surabaya telah mendekati nol pun program di bidang pendidikan dan kesehatan yang cukup berhasil.

"Sudah banyak hal-hal yang dilakukan Wali Kota (Surabaya) sekarang. Contohnya stunting yang dulu cukup besar, sekarang mendekati nol. Masalah kesehatan juga dengan pembangunan rumah sakit," ujarnya.

Meski demikian, Bambang juga tidak menutup kemungkinan Gerindra bakal mengusung kader sendiri pada Pilwali Surabaya 2024. Apalagi, setelah perolehan kursi Gerindra di DPRD Kota Surabaya yang meningkat dari lima menjadi delapan kursi.

Baca: Kalah Bersaing, Mulyanto Ahli Nuklir PKS Gagal Lolos ke Senayan

"Karena partai ini sekarang mempunyai kursi yang cukup banyak, berarti muncul nama-nama dari (kader) partai sendiri. Ada Mas (Ahmad) Dhani, Mas Cahyo, dan sebagainya," ucapnya.

Bambang menegaskan, Gerinda nantinya bakal mengusung calon wali kota dan wakil wali kota Surabaya yang benar-benar dibutuhkan rakyat melalui mekanisme yang ada di partai. Caranya dengan menjaring nama dari akar rumput, kemudian diusulkan ke DPD hingga DPP Gerindra, untuk kemudian diputuskan di tingkat pusat.

Bambang pun turut mengomentari munculnya nama Asrilia Kurniawati yang menyatakan siap maju Pilwali Surabaya 2024 melalui jalur independen. Dia menilai, untuk maju pada kontestasi Pilkada 2024 lebih cocok melalui jalur partai ketimbang jalur perorangan.

Baca: Lima Caleg DPR Peraih Suara Terbanyak Pileg 2024, Satunya dari Luar Jawa

"Yang tahu Surabaya itu kan bukan perorangan, biasanya ketua partai yang memang mempunyai struktur di tingkat PAC di 31 kecamatan hingga ketua ranting di 154 kelurahan," ujar caleg DPR RI Dapil Jawa Timur I yang meraih suara terbanyak ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement