Jumat 15 Mar 2024 13:38 WIB

PSI Cari Cagub DKI Jakarta yang Mirip Sosok Jokowi

Menurut William, seorang gubernur itu sangat dekat dengan rakyatnya.

Rep: Bayu Adji Prihammanda/ Red: Erik Purnama Putra
Ketua Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta, William Aditya Sarana.
Foto: Dok DPRD DKI
Ketua Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta, William Aditya Sarana.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DPRD DKI Jakarta akan mencari sosok calon gubernur (cagub) yang memiliki semangat seperti Joko Widodo (Jokowi). Semangat Jokowi yang menciptakan harapan dan dekat dengan masyarakat menjadi kriteria mutlak yang dibutuhkan Jakarta setelah nanti tidak berstatus sebagai ibu kota.

Ketua Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta, William Aditya Sarana mengatakan, partainya  segera mencari sosok cagub yang mempunyai nilai sama dengan Jokowi. Figur tersebut juga harus mengerti permasalahan di Jakarta dan cara menyelesaikannya.

Baca: Prabowo Kalahkan Anies di Jakarta, Berikut Perincian Angkanya

"Sebetulnya kami sudah melakukan hal ini di 2023 dengan Rembuk Rakyat Jakarta yang menghasilkan nama Mas Gibran sebagai calon gubernur ideal menurut konstituen kami," kata William melalui siaran pers di Jakarta, Jumat (15/3/2024).

Hanya saja, kata dia, Gibran Rakabuming Raka sudah menerima amanah yang lebih besar menjadi calon wakil presiden (cawapres). Karena itu, PSI akan secepatnya untuk mencari dan mengusung sosok tepat menjadi cagub DKI Jakarta.

Menurut William, sosok cagub itu harus memiliki nilai yang sama dengan Jokowi. Dia mengatakan, Jokowi merupakan sosok yang sangat dekat dengan rakyatnya dan langsung memahami permasalahan yang ada.

Baca: Akses Baru Mudahkan Penumpang KRL dari Stasiun Tanjung Barat ke AEON Mall

"Menurut saya, pemimpin yang langsung turun ke masyarakat, langsung memahami masalah yang ada di bawah. Dan untuk pertama kalinya saya kira seorang gubernur itu sangat dekat dengan rakyatnya. Enggak ada batas," kata William.

Dia mengatakan, kepemimpinan Jokowi di Jakarta juga memberikan banyak manfaat bagi masyarakat. Dia menilai, berbagai program yang dulu digagas oleh Jokowi, dampaknya sangat berhasil dan dirasakan hingga saat ini, seperti MRT Jakarta, Kartu Jakarta Pintar (KJP), dan Kartu Jakarta Sehat (KJS).

"Program-program tersebut bisa lahir tentu karena Pak Jokowi paham permasalahan di masyarakat dan berani untuk mengambil keputusan secara cepat dan tepat," ucap William.

Adapun Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI dijadwalkan berlangsung pada 27 November 2024. Saat ini, posisi itu diemban Penjabat (Pj) Gubernur Budi Heru Hartono yang juga merangkap Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement