Kamis 14 Mar 2024 19:24 WIB

Presiden AS Joe Biden Ucapkan Selamat ke Prabowo Unggul Pilpres 2024

Prabowo Subianto mengaku terhormat mendapatkan ucapan selamat dari Presiden Biden.

Rep: Febryan A/ Red: Erik Purnama Putra
Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto menerima ucapan selamat dari Presiden AS Joe Biden.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto menerima ucapan selamat dari Presiden AS Joe Biden.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengucapkan selamat kepada calon presiden pemenang Pilpres 2024 versi hitung cepat, Prabowo Subianto. Biden dalam surat ucapan selamatnya juga menyinggung ihwal stabilitas kawasan Indo-Pasifik.

Surat ucapan selamat itu berkop resmi Gedung Putih, Washington, tertanggal 12 Maret 2024. Surat tersebut diantar langsung kepada Prabowo oleh Duta Besar Amerika Serikat untuk ASEAN Yohannes Abraham, Kamis (14/3/2024).

Baca Juga

"Saya ingin menyampaikan ucapan selamat kepada masyarakat Indonesia atas keberhasilan pemilu–sebuah bukti komitmen kita bersama terhadap demokrasi–dan kepada Anda atas keunggulan Anda dalam penghitungan suara pemilihan presiden. Saya menantikan pengumuman hasil resminya," kata Biden dalam surat itu.

Biden lantas menyebut, selama 75 tahun, Indonesia dan AS semakin terikat oleh nilai-nilai bersama serta visi demokrasi dan pluralistik bagi dunia. "Bersama-sama, kita juga telah menjaga stabilitas internasional, termasuk mewujudkan masa depan Indo-Pasifik yang bebas, terbuka, sejahtera, dan aman," ujar politikus Partai Demokrat AS itu.

Biden salam surat tersebut juga menyoroti peran Prabowo sebagai Menteri Pertahanan RI saat ini yang menurutnya sangat penting dalam mewujudkan masa depan Indo-Pasifik. Sosok yang akan maju kembali sebagai capres Pilpres AS 2024 itu berharap Indonesia dan AS bisa memperkuat hubungan dan menjajaki bidang kerja sama baru.

Di bagian akhir suratnya, Biden menekankan bahwa ketika Indonesia dan AS bersatu, maka kedua negara akan menjadi lebih kuat dan dunia menjadi lebih aman. Dia juga menyampaikan doa untuk Prabowo.

"Mohon terimalah doa terbaik saya, dan semoga tahun-tahun mendatang senantiasa diwarnai dengan perdamaian, kemakmuran, dan kemajuan bagi masyarakat kedua negara kita," kata presiden dari Partai Demokrat berusia 81 tahun itu.

Sementara itu, Prabowo lewat akun Instagram pribadinya mengaku terhormat mendapatkan ucapan selamat dari Biden. Prabowo menyatakan, dirinya berkomitmen untuk memperkuat ikatan Indonesia dan AS.

"Kami tetap berkomitmen untuk memperkuat ikatan historis antara kedua negara melalui kerja sama lebih lanjut, sembari terus merayakan persahabatan yang terjalin antara Indonesia dan Amerika Serikat selama lebih dari 75 tahun," kata Prabowo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement