Jumat 01 Mar 2024 16:25 WIB

BMKG Prediksi Cuaca Ekstrem di NTT Hingga 8 Maret 2024

Masyarakat diminta menghindari aktivitas di luar rumah saat hujan lebat.

Petugas Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Meterologi El Tari Kupang, menunjukan peta prakiraan cuaca untuk wilayah NTT  di Kupang, NTT.
Foto: Kornelis Kaha/Antara
Petugas Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Meterologi El Tari Kupang, menunjukan peta prakiraan cuaca untuk wilayah NTT di Kupang, NTT.

REPUBLIKA.CO.ID, KUPANG -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan potensi cuaca ekstrem di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mulai 4 Maret hingga 8 Maret 2024.

"Waspada dampak yang ditimbulkan dari cuaca ekstrem yang berpotensi terjadi di NTT mulai tanggal 4 Maret," kata Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang, Sti Nenotek di Kupang, Jumat (1/3/2024).

Baca Juga

Secara umum, BMKG memprakirakan cuaca ekstrem di Indonesia terjadi mulai hari ini hingga 8 Maret mendatang. Untuk wilayah NTT, BMKG memprakirakan cuaca ekstrem disebabkan pengaruh dari Madden Julian Oscillation (MJO) dan aktifnya kembali Gelombang Equatorial Rossby.

Berdasarkan prakiraan yang ada, kata dia, cuaca ekstrem di NTT berupa hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Hujan sedang ditandai dengan intensitas curah hujan sebanyak 20 hingga 50 mm per hari. Sedangkan hujan lebat ditandai dengan intensitas sebanyak 50 hingga 100 mm per hari.

Dengan adanya prakiraan ini, Sti mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai dampak yang ditimbulkan, yakni bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, dan pohon tumbang.

Ia mengingatkan agar tidak melakukan aktivitas di luar rumah apabila tidak terlalu penting untuk menghindari hujan lebat yang bisa disertai angin kencang. Selain itu, ia berpesan agar masyarakat berhati-hati dan mewaspadai tanah longsor pada daerah tebing.

"Hati-hati ketika berkendara, khususnya di daerah yang rawan longsor," kata Sti.

BMKG akan terus memperbarui informasi terkini terkait cuaca ekstrem ini setiap hari. Sti berharap masyarakat tidak termakan informasi bohong terkait cuaca ekstrem. Informasi resmi terkait peringatan dini cuaca hanya dikeluarkan oleh BMKG.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement