Jumat 01 Mar 2024 17:04 WIB

16 UMK Peserta Gedor Ekspor Akselerator Promosikan Produk Unggulan   

Program Gedor Ekspor Akselerator tingkatkan kelas UMK

Ilustrasi Inacraft UMK. Program Gedor Ekspor Akselerator tingkatkan kelas UMK
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ilustrasi Inacraft UMK. Program Gedor Ekspor Akselerator tingkatkan kelas UMK

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Sebanyak 16 Usaha Menengah dan Kecil (UMK) turut serta dalam ajang pameran International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2024, di Jakarta. 

Ke-16 UMK binaan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) itu berasal dari berbagai daerah itu merupakan peserta Program Gedor Ekspor Akselerator. 

Baca Juga

Mereka menampilkan produk unggulan kategori busana (termasuk batik), tas, perhiasan, kecantikan dan produk makanan (F&B), yang siap menembus pasar internasional.

“Beberapa dari 16 UMK yang dibina Pelindo telah sukses melakukan ekspor. Kami berharap, kehadiran mereka di Inacraft, yang merupakan pameran kerajinan terbesar dan terlengkap di Asia Tenggara ini dapat membuka pasar baru di luar negeri,” kata kata Group Head Sekretariat Perusahaan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Ali Mulyono, di Jakarta, Jumat (1/3/2024) dalam keterangannya.

Menurutnya, Inacraft 2024 yang berlangsung selama lima hari (28 Februari – 3 Maret) ini menjadi platform untuk mempromosikan produk-produk UMK binaan Pelindo ke pasar global. 

“Dengan memamerkan produk secara langsung, mereka dapat menarik minat calon pelanggan internasional, dan membangun kesadaran merek di tingkat global,” kata dia.

Manager TJSL, Annisa Karimah, mewakili Departemen Head TJSL Pelindo, menjelaskan melalui Program  Gedor Ekspor, Pelindo terus mendorong UMK terbaik binaannya untuk ikut di ajang pameran yang berorientasi ekspor. 

Dia menyebutkan, partisipasi dalam pameran ekspor merupakan strategi penting bagi UMK untuk memperluas pasar, mempromosikan produk, membangun jaringan bisnis, meningkatkan pengetahuan dan daya saing. 

“Sejak awal kami melakukan pembinaan terhadap ratusan kelompok UMK melalui Program Gedor Ekspor. Dari sekitar 350-an UMK, terpilih 16 UMK terbaik untuk mengikuti ajang Inacraft ini,” katanya.

Dia mengatakan, sebagai BUMN di bidang kepelabuhanan, pihaknya berkomitmen mendukung keberlangsungan usaha kecil dan menengah. Dukungan ini diwujudkan melalui program TJSL, yang berfokus pada tiga prioritas, yakni pendidikan, lingkungan dan Pengembangan UMK.

Baca juga: Prasasti Ini Ungkap Kebenaran Alquran tentang Bangsa Samud, Aad, dan Iram

Inacraft 2024 di Jakarta Convention Center dibuka Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. Sesaat setelah pembukaan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana meninjau pameran untuk melihat langsung produk-produk local unggulan.

Inacraft 2024 yang kali ini mengusung tagline ‘From Smart Village to Global Market’, diikuti oleh sedikitnya 1.500 peserta. Mereka mempromosikan berbagai produk kerajinan local seperti batik, tenun, fesyen dan bordir, sepatu, perhiasan dan aksesoris, peralatan rumah tangga, cendera mata, serta produk dekoratif.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement