Jumat 01 Mar 2024 08:36 WIB

MMS Latih Skill di Bidang Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Pelatihan secara gratis ini dapat diakses masyarakat umum.

Salah satu aktivitas pelatihan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).
Foto: Dok. Mms
Salah satu aktivitas pelatihan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak warga yang memiliki minat belajar atau bahkan berkarier di dunia Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3). Tetapi sayangnya, mereka tidak mengetahui harus mulai belajar dari mana. Seringkali, keinginan untuk menekuni bidang K3 juga gagal terwujud karena terhambat biaya pelatihan yang tidak sedikit jumlahnya.

Berangkat dari permasalahan ini, Perusahaan Jasa Keselamatan dan Kesehatan (PJK3) Mutiara Mutu Sertifikasi (MMS) merasa tergerak untuk mengadakan program pelatihan secara gratis yang dapat diakses masyarakat umum.  Direktur MMS, Zeany Cahyari Ginting menyatakan, pihaknya sudah menyelenggarakan program pelatihan gratis di bidang K3 secara berkala untuk masyarakat umum sejak empat tahun lalu. 

Baca Juga

“Sejak Juli 2021 hingga November 2023, terhitung sudah ada 23 pelatihan K3 gratis yang kami selenggarakan untuk masyarakat umum,” ujarnya, Jumat (1/3/2024).

Ia menambahkan, pelatihan ini mengangkat berbagai topik dari bidang yang berbeda-beda, mulai dari kesehatan lingkungan, minyak dan gas, hiperkes, tambang, basic fire safety management, HSE, K3 Rumah Sakit, industrial hygiene, konstruksi, pekerjaan di ketinggian hingga fire prevention. “Dengan rata-rata 3,3 ribu peserta di setiap pelatihan, kami bertekad memperkenalkan K3 kepada seluruh kalangan masyarakat," kata dia.

Lebih jauh Zeany menjelaskan, program pelatihan K3 gratis yang dinamakan ”Future Leaders Programme” (FLP) tersebut dilaksanakan dengan memanfaatkan platform media berbasis teknologi informasi dalam hal ini Youtube.  Dari waktu ke waktu, penyelenggaraan FLP dilaksanakan secara rutin melalui platform Youtube Live dengan tema yang berbeda-beda. Pelatihan ini bersifat interaktif dengan berfokus pada 1 topik dan diselenggarakan dalam durasi 1-2 jam. 

”Program pelatihan ini adalah salah satu langkah yang bisa diambil sebelum memutuskan untuk mengikuti pelatihan berbasis kompetensi maupun sertifikasi,” ujar Zeany.

Tidak hanya memperoleh ilmu baru dari instruktur yang ahli dan berpengalaman di bidang K3, para peserta pelatihan juga diberikan kesempatan melakukan tanya jawab. Pelatihan ini berbasis pada tugas yang perlu dikerjakan oleh peserta untuk mendapatkan e-certificate. Hal ini dilakukan untuk menjaga kredibilitas dan kualitas para peserta, sehingga layak mendapatkan sertifikat.

Di tahun 2024, FLP dari Mutiara Mutu Sertifikasi akan kembali hadir pada 9 Maret. Dengan tema “Knowing Safety and Health Program in Oil and Gas Industry”, MMS berharap program ini dapat meningkatkan kesadaran publik akan pentingnya menerapkan budaya K3. 

“Pelatihan K3 gratis ini terbuka untuk siapapun. Bagi warga Indonesia yang tertarik untuk mengikuti pelatihan ini, dipersilahkan untuk mendaftar melalui website Mutiara Mutu Sertifikasi," kata Zeany.

sumber : Web
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement