Jumat 16 Feb 2024 18:51 WIB

Sumber Magma di Kedalaman 6 Km Picu Peningkatan Gempa Tremor di Gunung Semeru

Gunung Semeru merupakan gunung berapi paling aktif di Indonesia.

 Gunung Semeru mengeluarkan material vulkanik saat erupsi pada Ahad, 4 Desember 2022 di Lumajang, Jawa Timur. Gunung berapi tertinggi di Indonesia itu mengalami peningkatan aktivitas gempa.
Foto:

Lebih lanjut, Hendra menuturkan bahwa teknologi mutakhir yang sekarang dipakai PVMBG membuat pihaknya bisa mengidentifikasi kedalaman dan gempa-gempa yang terekam serta potensi bahaya yang perlu diantisipasi ke depan. Ia meminta semua pemangku kepentingan untuk terus memantau perkembangan yang terjadi di Gunung Semeru.

 

Berdasarkan catatan PVMBG, Gunung Semeru merupakan gunung berapi paling aktif di Indonesia. Pada 2023 jumlah erupsi tercatat sebanyak 29.131 kali.

 

Gunung Semeru secara administrasi terletak di dua kabupaten, yaitu Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang di Provinsi Jawa Timur. Gunung api tertinggi di Pulau Jawa itu memiliki tinggi puncak 3.676 meter di atas permukaan laut.

 

PVMBG terus memantau secara visual dan instrumental Gunung Semeru dari dua pos pengamatan gunung api yang berada di Desa Sumber Wuluh Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang, serta di Desa Argosuko, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement