Selasa 06 Feb 2024 12:15 WIB

HIMSI Universitas BSI Puwokerto Gelar Latihan Dasar Kepemimpinan

Latihan dasar kepemimpinan digelar dengan berkolaborasi bersama profesional militer.

Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HIMSI) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Purwokerto mengadakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK), di Curug Bayan Baturraden, Purwokerto, Jawa Tengah.
Foto: Dok. Universitas BSI
Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HIMSI) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Purwokerto mengadakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK), di Curug Bayan Baturraden, Purwokerto, Jawa Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HIMSI) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Purwokerto mengadakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK), di Curug Bayan Baturraden, Purwokerto, Jawa Tengah. Acara ini dihadiri oleh Kaprodi Sistem Informasi Universitas BSI kampus Purwokerto, Ina Maryanidan, Sersan Muhtarom dari TNI, serta diikuti oleh puluhan mahasiswa prodi Sistem Informasi Universitas BSI kampus Purwokerto.

Sersan Muhtarom memberikan materi mengenai 11 asas kepemimpinan, menandakan kolaborasi yang signifikan antara akademisi dan profesional militer dalam upaya meningkatkan keterampilan kepemimpinan mahasiswa. Sementara itu, menurut Ina Maryanidan, kegiatan semacam ini sangat berharga karena memberikan wawasan dan pengetahuan praktis di luar kurikulum akademis biasa.

Baca Juga

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan melalui sesi pelatihan oleh profesional militer. Tentunya, juga meningkatkan hubungan antara mahasiswa dan prodi Sistem Informasi Universitas BSI kampus Purwokerto, untuk menciptakan lingkungan yang lebih terbuka dan berkolaborasi,” ujar Ina, dalam keterangan tertulis, Selasa (6/2/2024).

Ia menjelaskan, LDK ini mengaplikasikan pengetahuan akademis sistem informasi dalam situasi kehidupan nyata, khususnya dalam konteks kepemimpinan. Tak lupa, memberikan pemahaman tentang peran dan tanggung jawab kepemimpinan dalam organisasi mahasiswa, seperti HIMSI.

“Selain itu, untuk mengembangkan nilai-nilai disiplin dan tanggung jawab melalui kegiatan di luar ruang kelas, meningkatkan keterampilan komunikasi, kerjasama tim, dan kepemimpinan yang esensial dalam dunia profesional,” ungkapnya.

LDK ini juga bermanfaat untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menghadapi tantangan dan membangun rasa percaya diri, serta memberikan wawasan mendalam tentang konsep dan aspek praktis kepemimpinan, terutama dengan materi dari Sersan Muhtarom. Kegiatan ini juga sebagai pembuka peluang untuk membangun jaringan dengan sesama mahasiswa dan para profesional yang terlibat dalam kegiatan dan menyediakan pengalaman praktis di luar lingkungan akademis yang dapat menjadi nilai tambah dalam pengembangan karir mahasiswa.

“LDK HIMSI Universitas BSI kampus Purwokerto sebagai Kampus Digital Kreatif ini diharapkan memberikan landasan kuat bagi mahasiswa dalam pertumbuhan dan perkembangan, baik dalam keterampilan akademis maupun soft skills yang penting dalam kehidupan,” kata Ina.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement