Senin 22 Jan 2024 10:29 WIB

Pertamina Foundation Sepakat Berdayakan Pariwisata Berkelanjutan, Bersama Pelita Air

Pelita Air ingin ikut turut membangun kemajuan Indonesia.

Maskapai Pelita Air.
Foto: ANTARA/Fauzan
Maskapai Pelita Air.

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Pelita Air dan Pertamina Foundation bersinergi untuk mengembangkan pariwisata yang berkelanjutan dengan mengutamakan pemberdayaan ekonomi dan pendidikan masyarakat. Kerja sama ini sebagai upaya mendukung pengembangan pariwisata yang ramah lingkungan dan memastikan adanya manfaat ekonomi yang adil dan merata bagi masyarakat lokal.

Penandatanganan Nota Kesepahaman itu dilakukan Direktur Utama Pelita Air Dendy Kurniawan dan Presiden Direktur Pertamina Foundation Agus Mashud S. Asngari di The Patra Bali Resort and Villas, Bali, Jumat (19/1/2024)

Baca Juga

Direktur Utama Pelita Air, Dendy Kurniawan mengatakan kerjasama ini merupakan komitmen Pelita Air ikut turut membangun kemajuan Indonesia. Menurut Dendy Pelita Air tak ingin hanya mempromosikan keindahan Indonesia.

"Akan tetapi, lebih dari itu Pelita Air juga memastikan bahwa memajukan sektor pariwisata dengan cara yang bertanggung jawab dan berkelanjutan," ujar Dendy.

Saat ini, Pelita Air sedang mengoperasikan 11 unit pesawat jenis Airbus 320-200 berkapasitas 180 kursi kelas ekonomi. Ke-11 pesawat itu melayani 10 kota tujuan, yakni Bali, Surabaya, Yogyakarta, Padang, Pekanbaru, Palembang, Pontianak, Balikpapan, Banjamasin dan Sorong. Bandara utama adalah Soekarno-Hatta Jakarta.

Dendy menambahkan kolaborasi dengan Pertamina Foundation, Pelita Air ingin mengintegrasikan prinsip-prinsip pariwisata yang berkelanjutan. Artinya, Pelita Air tidak semata-mata melakukan promosi destinasi pariwisata, tetapi juga memberdayakan ekonomi dan pendidikan masyarakat di wilayah tujuan penerbangan. 

Misalnya, Pelita Air ikut terlibat mempromosikan dan memasarkan produk-produk dari pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) binaan Pertamina Foundation. Hal ini sejalan dengan dedikasi yang dilakukan oleh Pertamina Foundation dalam pemberdayaan masyarakat dan pendidikan untuk mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan atau sustainable development goals (SDGs). 

“UMKM ini sangat banyak. Melalui kolaborasi ini, produk-produk itu dapat terpasarkan secara optimal dengan harga yang ideal,” kata Dendy.

Presiden Direktur Pertamina Foundation Agus Mashud S. Asngari mengatakan Pertamina Foundation dan Pelita Air memiliki semangat yang sama yakni mengutamakan keberlanjutan dalam mengembangkan usaha. Itu sebabnya, Pertamina Foundation menjalin kerjasama ini.

"Ini untuk menghasilkan program atau proyek bersama untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang adil makmur serta menyehatkan bumi melalui pencapaian poin-poin sustainable development goals yang telah berlaku,” kata Agus.

sumber : Bumn
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement