Ahad 21 Jan 2024 17:16 WIB

TKN Temukan Puluhan Ribu Surat Suara di Taiwan Tercoblos Ganjar-Mahfud

Afriansyah Noor ke Taiwan dan Hong Kong menyelidiki kecurangan surat suara tercoblos.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Erik Purnama Putra
Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Afriansyah Noor.
Foto: Republika/Febrian Fachri
Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Afriansyah Noor.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Afriansyah Noor, mengatakan, relawan Prabowo-Gibran di Taiwan menemukan adanya surat suara pemilu luar negeri untuk kertas suara Pilpres 2024 sudah lebih dulu tercoblos sebelum dikirimkan ke pemilih.

Surat suara itu tercoblos yang dikabarkan mencapai puluhan ribu untuk pasangan nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD. "Sudah ada surat suara tercoblos pasangan nomor urut tiga. Ini sedang kami usut dan akan kami laporkan ke pengawas Pemilu luar negeri," kata Afriansyah di Jakarta, Ahad (21/1/2024).

Baca Juga

 

Afriansyah mengaku belum mengetahui secara pasti berapa jumlah surat suara yang tercoblos lebih dulu di Taiwan. Dia meminta relawan di Taiwan supaya terus mengawasi melaporkan bila terjadi kecurangan.

 

 

TKN menargetkan pasangan nomor urut 2 mampu memperoleh 65 persen suara di pemilu luar negeri. Afriansyah mengakui, saat ini berkunjung ke Taiwan dan juga Hong Kong untuk melakukan konsolidasi dengan simpul relawan Prabowo-Gibran dan pekerja migran yang tergabung ke dalam pekerja migran Indonesia (PMI).

"Kami dari TKN menargetkan 65 persen suara. Kami minta relawan dan PMI yang mendukung Prabowo-Gibran turut aktif mengawal proses pemilu di luar negeri," ucap Afriansyah.

Wakil Menteri Tenaga Kerja itu menjelaskan, pasangan Prabowo-Gibran berjanji memberikan perhatian lebih kepada pekerja migran di luar negeri. Seperti mengupayakan fasilitas memadai di negara penempatan, menegosiasikan peningkatan pendapatan, dan juga menurunkan ongkos keberangkatan ke negara penempatan.

Afriansyah menilai, pekerja migran atau TKI adalah aset negara yang telah menyumbangkan banyak devisa negara. "Aspirasi para pekerja migran ini akan saya sampaikan langsung kepada presiden terpilih nanti, Pak Prabowo," kata Afriansyah menambahkan.

 

Peraturan jadwal lengkap beserta wilayahnya pemilu 2024 di luar negeri diatur oleh KPU dalam Surat Keputusan Nomor 1811 tahun 2023 tentang Hari dan Tanggal Pemungutan Suara di TPSLN pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden dan Anggota DPR Serentak Tahun 2024 di Luar Negeri.

Pemilu 2024 di luar negeri akan dimulai pada 5 Februari 2024. Namun ada juga wilayah di luar negeri yang tetap melaksanakan pemilu 2024 pada tanggal 14 Februari 2024.

Survei Charta Politika...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement