Sabtu 20 Jan 2024 15:50 WIB

Program CLP Cyber University Buka Kesempatan Kerja Sesuai Jurusan

Cyber University hadirkan program magang yang beri peluang emas bagi mahasiswa.

Vanesa, mahasiswi lulusan tahun 2023 dari Program Studi Bisnis Digital.
Foto: Dok. Cyber University
Vanesa, mahasiswi lulusan tahun 2023 dari Program Studi Bisnis Digital.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cyber University hadirkan program magang yang memberikan peluang emas bagi mahasiswa mudah masuki dunia kerja. Program ini tidak hanya memberikan pengalaman praktis, namun juga membantu mahasiswa mengembangkan keterampilan untuk membangun kariernya di masa depan.

Cyber University menerapkan sistem pembelajaran 3+1 dengan nama Company Learning Program (CLP). Melalui Cyber Career Center (CCC), program ini mengharuskan mahasiswa selama 3 tahun belajar di kampus dan 1 tahun setelahnya, melaksanakan program magang di perusahaan.

Baca Juga

Maka tak heran, lulusan Cyber University tahun 2023 lebih dari separuhnya mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bidang keilmuannya, salah satunya adalah Vanesa, mahasiswa lulusan tahun 2023 dari Program Studi Bisnis Digital. Setelah lulus sidang skripsi, Vanesa langsung mendapatkan pekerjaan sebagai Data Analyst setelah melaksanakan magang satu tahun penuh di Bank BRI Kantor Pusat Jakarta.

"Saya sangat beruntung mendapatkan kesempatan magang di bagian yang sesuai minat saya di bidang data. Selesai sidang skripsi di bulan Agustus (2023), saya langsung memulai pekerjaan sebagai Data Analyst di Sinarmas Group pada awal September (2023), meski belum wisuda (Desember 2023). Kesempatan ini berkat pengalaman magang 1 tahun di Bank BRI serta pembelajaran semasa kuliah di Prodi Bisnis Digital," katanya, mengutip keterangan tertulis, Sabtu (20/1/2024).

Sementara itu, Kepala Bagian Cyber Career Center (CCC) Anang Martoyo, menegaskan pentingnya peran program CLP dalam membantu mahasiswa Cyber University meraih kesuksesan di dunia kerja. 

"Pembelajaran yang diberikan serta magang 1 tahun di Bank BRI sebagai bagian dari kurikulum kampus 3 + 1 sangat dirasakan manfaatnya," ungkapnya.

Menurutnya, mahasiswa sudah mendapat pengalaman kerja dan mendapatkan portofolio yang bagus setelah pelaksanaan magang tersebut. 

"Jadi akan sangat mudah masuk kerja atau bahkan diangkat oleh perusahaan tempat mahasiswa magang," jelasnya.

Wakil Rektor II Non Akademik, Suparman Hi Lawu, menjelaskan bahwa program magang di Cyber University dilaksanakan selama dua semester, yaitu pada semester 6 dan semester 7.

"Melalui program ini, mahasiswa tidak hanya mendapatkan pengalaman praktis, namun juga pengembangan keterampilan, pertumbuhan pribadi, eksplorasi karier, jaringan profesional dan pengetahuan industri," jelasnya.

Ia juga menekankan pentingnya kedisiplinan mahasiswa selama menjalani magang sebagai wujud menjaga nama baik almamater Cyber University. Cyber University sebagai The First Fintech University in Indonesia, dikenal sebagai kampus yang tidak hanya fokus pada teori akademis, akan tetapi, juga memberikan persiapan nyata untuk menghadapi tantangan di dunia kerja bagi mahasiswanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement