Kamis 18 Jan 2024 16:37 WIB

'Humanies’ Nama Fandom tak Resmi untuk Pendukung Anies Baswedan yang Ramai di Media Sosial

Sebagian menganggap nama fandom tersebut keren meski tidak resmi.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Friska Yolandha
Calon Presiden nomor urut 1 Anies Baswedan. Sebuah akun penggemar tak resmi untuk calon presiden (capres) nomor urut 01, Anies Baswedan mengumumkan nama fandom yang diberikan kepada pendukungnya.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Calon Presiden nomor urut 1 Anies Baswedan. Sebuah akun penggemar tak resmi untuk calon presiden (capres) nomor urut 01, Anies Baswedan mengumumkan nama fandom yang diberikan kepada pendukungnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah akun penggemar tak resmi untuk calon presiden (capres) nomor urut 01, Anies Baswedan baru-baru ini mengumumkan nama fandom yang diberikan kepada para pendukung mantan Gubernur DKI Jakarta itu. Akun Twitter @aniesbubble mengungkap bahwa nama fandom pendukung Anies Baswedan adalah Humanies (dengan huruf kapital semua).

“Anies unofficial fandom name ‘Humanies’,” tulis akun @aniesbubble, dikutip Kamis (18/1/2024).

Baca Juga

Dalam gambar yang dibagikan oleh akun tersebut, terdapat keterangan tambahan tentang "Humanies" yang dijelaskan sebagai kelompok yang bukan K-popers, bukan tim sukses, bukan buzzer, melainkan cara menyenangkan generasi Z dalam pemilihan capres. Tagar yang digunakan dalam pengumuman ini adalah #WeAreHumanies, #HUMANIES, #휴머니즈 (dalam aksara Korea), #ANIES, dan #아니스 (dalam aksara Korea).

Respons dari warganet pun datang cepat. Sebagian menganggap nama fandom tersebut keren dan sudah seharusnya memiliki nama sendiri. Namun, ada juga komentar yang menyebutkan bahwa di media sosial TikTok, sedang ramai pembahasan tentang Aniesbubble dan adanya imbauan untuk tidak melibatkan para penggemar K-pop dalam politik.

“Kerenn udah punya nama fandom,” tulis akun @rxce***.

“Di TikTok lagi rame banget bahas aniesbubble loh guyss. Katanya jangan bawa-bawa K-popers (pecinta musik dan idola K-pop) masuk dalam politik. Gimana tanggapannya min @aniesbubble,” tulis akun @chcocherryg***.

Sebagian pengguna media sosial menyambut positif pengumuman ini dan menyatakan bahwa meskipun tidak resmi, kelompok ini memiliki potensi untuk menciptakan identitas unik dan dapat dikenali.

Beberapa warganet berharap agar dalam proyek-proyek mendatang, ucapan terima kasih kepada para pendukung Anies Baswedan menggunakan panggilan Humanies, dan tidak mencampurkannya dengan istilah K-popers.

Finally! Humanies here! Untuk warga X dan media sosial lainnya, misal ada projek lagi, tolong kalau mau ngucapin terima kasih pakai panggilan Humanies aja ya, jangan k-Popers. Nanti ada yang salty,” tulis akun @lida_he***.

“Selamat!!!!! Walaupun unofficial tapi kayaknya Abah (panggilan Anies) bakal tahu nama fandom ini. Mengingat Abah juga tahu kalau ada akun Anies bubble,” tulis akun @rfls***.

Akun @aniesbubble sendiri memberikan catatan bahwa meskipun nama fandom ini tidak resmi, mereka berharap bahwa Anies Baswedan sendiri akan mengetahui keberadaan "Humanies" mengingat popularitas akun @aniesbubble yang dikenal luas di kalangan warganet. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement