Senin 15 Jan 2024 23:07 WIB

Doktor Unhan: Pertahanan Terbaik Indonesia adalah Kebudayaan

Pemerintah harus memperkuat budaya.

Penampilan budayawan.
Foto: Erdy Nasrul/Republika
Penampilan budayawan.

REPUBLIKA.CO.ID, MOJOKERTO -- Pasca ruwatan nusantara di IKN akhir tahun 2023, rombongan Daulat Budaya Nusantara yaitu Pandawa Lima Budaya: Teguh Haryono, Sujiwo Tejo, Paox Iben Mudhaffar, Benny Zakaria dan Abdulloh Hamid membuka tahun 2024 dengan menggelar side event (acara sampingan) Sarasehan Kenduri Budaya dengan tema Macapat Refleksi Kehidupan melalui Jalan Kebudayaan, Senin (15/1) sore.

Acara dibuka dengan kesenian Sanduran dari Bojonegoro yang dibawakan oleh Sanggar Seni Sayap Jendela dari Bojonegoro, kemudian dibuka oleh Teguh Haryono sebagai pemantik Sarasehan.

Baca Juga

"Cita-cita saya waktu kecil pengen jadi dokter, begitu dewasa pengen jadi insinyur dan akhirnya jadilah saya insinyur. Berkarya puluhan tahun dan sekolah lagi, saya ambil doktor pertahanan di Universitas Pertahanan. Akhirnya dari situ saya faham, bahwa pertahanan terbaik bangsa Indonesia adalah kebudayaan," ucap Teguh Haryono, pakar Pertahanan Budaya dari Universitas Pertahanan.

Dia mencontohkan ilmu kedokteran, leluhur dahulu sudah ratusan tahun bahkan ribuan tahun mencatat atau punya ilmu titen, tanaman ini ditambah bijian itu untuk penyembuhan penyakit A. Demikian juga dengan insinyur, sudah ratusan tahun nenek moyang kita memiliki struktur dan desain rumah atau sistem pemukiman yang sangat baik untuk berlindung dari kondisi alamnya.

"Dari sinilah saya pengen mengatakan bahwa Pertahanan terbaik bangsa Indonesia adalah kebudayaannya. Mulai dari meja makan budaya kuliner sampai dengan arsitektur rumahnya," lanjutnya.

Sarasehan Kenduri Budaya di Mojokerto ini adalah acara sampingan dari Ruwatan Nusantara di Sembilan Titik yang di agendakan oleh Pandawa Lima Daulat Budaya Nusantara. Sarasehan budaya ini dibuat untuk menanggapi antusiasme dari para seniman dan budayawan yang mengapresiasi Ruwatan Nusantara.

Kebudayaan bukan hanya seni, kebudayaan adalah tentang cara berpikir. Soal tari, gamelan dan seni yang lain itu bagian permukaan dari kebudayaan. Misalnya, tidak akan memegang HP pada saat ada orang sedang bicara, atau seperti tadi datang terlambat karena tak bisa baca maps nyari jalan tol. 

"Saya datang langsung duduk pas sedulur sedulur memainkan Sanduran untuk membuka acara Sarasehan Kenduri Budaya. Saya memperhatikan betul kesenian yang sedang dimainkan" ucap Sujiwo Tejo membuka sarasehan budaya di Kafe Tirto Jati Mojokerto.

Tanpa menunggu waktu lama, statement Sujiwo Tejo langsung disambar para hadirin Sarasehan Kenduri Budaya yang mayoritas para seniman dan budayawan Jawa Timur.

"Apakah budaya itu sama dengan agama, kalau berbeda apa pembedanya" tanya Anton dari Mojokerto.

Pertanyaan yang dilempar ditengah sarasehan ini langsung membuat riuh hadirin, menghangatkan suasana Kenduri Budaya yang sore ini gerimis.

"Budaya, seni, ritus ini perlu pemahaman. Apalagi ada agama. Harus tau wilayahnya. Dalam ilmu antropologi ada kalcer dan ada nacer. Ketika alam (nacer) lebih kuat daripada kalcer (manusia) atau sebaliknya, maka perlu ritus sebagai jembatan penyeimbang. Ritus itu agama, seperti puasa yang dikenal oleh banyak agama agama" terang Kyai Paox Iben Mudhaffar, pengasuh Pesantren Kebudayaan Ndalem Wongsorogo Kaliwungu Kendal.

Acara sarasehan budaya ini memang jarang diadakan, dan ketika informasi acaranya menyebar, otomatis menarik minat para seniman dan budayawan di Jawa Timur.

"Apakah puasa weton sebuah budaya" tanya Sangaji dari Sidoarjo. 

"Puasa sunnah hari Senin dan Kamis. Rosululloh ditanya kenapa puasa sunnah hari Kamis, jawab Rosululloh karena di hari itu amal dinaikkan. Kenapa hari Senin, karena Senin hari lahir saya (Rosululloh). Jadi puasa weton itu silah diterjemahkan sendiri" jawab Gus Benny, pengasuh Pondok Alam Adat Budaya Nusantara.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement