Rabu 10 Jan 2024 21:51 WIB

Kabaharkam Polri: Satpam Berperan Menuju Pemilu Indonesia yang Aman

lewat seminar itu dapat tercipta sinergi yang lebih kuat antara Satpam dan kepolisian

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Kabaharkam Polri Komjen Pol Mohammad Fadil Imran dalam seminar nasional Peningkatan Kompetensi Satpam dan Sinergi Keamanan menuju Pemilu Aman dan Damai di Jakarta, Rabu (10/1/2024).
Foto: Ronggo Astungkoro/Republika
Kabaharkam Polri Komjen Pol Mohammad Fadil Imran dalam seminar nasional Peningkatan Kompetensi Satpam dan Sinergi Keamanan menuju Pemilu Aman dan Damai di Jakarta, Rabu (10/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peran Satuan Pengamanan (Satpam) dalam menjaga keamanan nasional disebut sangat signifikan. Kolaborasi yang dilakukan bersama kepolisian selama ini dinilai telah banyak membantu dalam menjaga stabilitas dan keamanan, terutama dalam situasi kritis seperti situasi menjelang pemilihan umum (pemilu).

"Kolaborasi dengan kepolisian selama ini telah banyak membantu dalam menjaga stabilitas dan keamanan, terutama dalam situasi kritis seperti menjelang pemilu," ucap Kabaharkam Polri Komjen Pol Mohammad Fadil Imran dalam seminar nasional 'Peningkatan Kompetensi Satpam dan Sinergi Keamanan menuju Pemilu Aman dan Damai' di Jakarta, Rabu (10/1/2024).

Dia berharap lewat seminar itu dapat tercipta sinergi yang lebih kuat antara Satpam dan kepolisian, terutama dalam mengamankan proses demokrasi seperti Pemilu 2024. Kolaborasi itu, kata dia, akan memperkuat keamanan nasional dan memberikan rasa aman bagi masyarakat.

Seminar itu dilakukan dalam rangka Hari Ulang Tahun Satpam ke-43. Kegiatan yang digelar oleh Polri, Asosiasi Pengguna Jasa Sekuriti Indonesia (APJASI), Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (ABUJAPI), dan berbagai asosiasi sekuriti lainnya di Indonesia itu menyoroti pentingnya industrial security dalam melindungi aset perusahaan, serta langkah-langkah preventif dan penanganan potensi ancaman menjelang Pemilu 2024.

Ketua Umum APJASI Leonard Abdul Aziz menyampaikan, seminar itu adalah upaya untuk meningkatkan keahlian dan kesiapan Satpam dalam menghadapi tantangan keamanan yang semakin kompleks. Pihaknya berfokus pada peningkatan kompetensi yang komprehensif untuk memastikan Satpam tidak hanya siap dari segi fisik, tetapi juga memiliki kemampuan analitis dan teknis.

"Ini penting untuk menjaga keberlanjutan usaha dan kontribusi Satpam dalam menjaga keamanan nasional," ungkap dia.

Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga APINDO Sarman Simanjorang dalam paparannya mengatakan, keamanan adalah salah satu pilar utama dalam menjaga kelancaran operasional industri. Dengan meningkatnya tantangan keamanan, peran Satpam menjadi lebih krusial dari sebelumnya.

"Kami ingin menekankan pentingnya keamanan industri dan bagaimana Satpam dapat berperan aktif dalam memastikan keamanan tersebut, tidak hanya dari aspek fisik tetapi juga dalam hal intelijen dan analisis risiko," jelas Sarman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement