Jumat 29 Dec 2023 16:46 WIB

PT KCIC: Penumpang Kereta Cepat Whoosh Naik 35 Persen Saat Nataru

Sebanyak 211 ribu tiket Whoosh telah terjual sepanjang 21-31 Desember 2023.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Pramugari kereta bersiap menyambut kedatangan penumpang kereta cepat Whoosh di Stasiun Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (17/10/2023).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Pramugari kereta bersiap menyambut kedatangan penumpang kereta cepat Whoosh di Stasiun Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (17/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mencatat jumlah penumpang Kereta Cepat Whoosh meningkat 35 persen pada libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. General Manager Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa menyampaikan, sebanyak 211 ribu tiket Whoosh telah terjual sepanjang 21-31 Desember 2023.

Dari jumlah tersebut, 153 ribu di antaranya merupakan jumlah penumpang yang berangkat hingga 28 Desember 2023. "Melalui data volume penumpang Whoosh tersebut maka pada libur akhir tahun terdapat kenaikan sekitar 35 persen jika dibandingkan periode yang sama di awal Desember sebanyak 156 ribu penumpang," kata Eva dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (29/12/2023).

Dia mengatakan, jumlah penumpang tertinggi yang dilayani dalam satu hari pada momen libur akhir tahun mencapai hingga 21.188 penumpang per hari pada 26 Desember 2023. Sebagai antisipasi peningkatan volume penumpang pada momen libur libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), KCIC telah menambah jumlah perjalanan Kereta Cepat Whoosh dari 40 kali menjadi 48 perjalanan per hari.

Dengan adanya penambahan jadwal perjalanan yang diberlakukan hingga 2 Januari 2024, sambung dia, kapasitas kursi yang disediakan mencapai hingga 28 ribu kursi per hari. Menurut Eva, berdasarkan survei penumpang yang berangkat menggunakan Whoosh, 55 persen dari di antaranya memilki tujuan untuk berlibur.

 

"KCIC akan terus melakukan evaluasi kebutuhan perjalanan kereta Whoosh karena meningkatnya jumlah penumpang yang ingin berlibur," ujar Eva.

Menurut Eva, saat ini KCIC juga telah bekerja sama dengan 12 destinasi wisata, kuliner, dan penginapan ternama di wilayah Bandung. Kerja sama dikemas dalam bentuk promo gratis tiket masuk atau diskon bagi masyarakat yang memiliki tiket Whoosh.

Adapun 12 destinasi wisata yang sudah bekerja sama dengan promo Free Entry diantaranya Dusun Bambu, Farmhouse, Floating Market, The Great Asia Afrika,Tepi Danau, Tepi Kota Healing, The Lodge Maribaya & Fairy Garden Bandung, Dago Dream Park dan Papa Dino.

Sementara ada juga sejumlah destinasi wisata kuliner yang menawarkan promo diskon hingga 20 persen menggunakan tiket Whoosh seperti Baker Street Resto cabang Cimandiri, beragam restoran The Lodge Maribaya & Fairy Garden Bandung serta The Lodge Camp & Village dari Stasiun Bandung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement