Senin 25 Dec 2023 08:38 WIB

Lestarikan Domba Garut Lewat Ajang Ketangkasan Tahunan 

Populasi domba di Kabupaten Garut mencapai 1,4 juta ekor.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Setyanavidita livicansera
Aktivitas jual beli di Pasar Domba Unggulan, Lapangan Pamidangan Arlamba Rancabango, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Sabtu (28/10/2023). Dok. Diskannak Kabupaten Garut
Foto: Dok. Diskannak Kabupaten Garut
Aktivitas jual beli di Pasar Domba Unggulan, Lapangan Pamidangan Arlamba Rancabango, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Sabtu (28/10/2023). Dok. Diskannak Kabupaten Garut

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut menggelar ajang Ketangkasan Domba Garut Bupati Garut Cup Tahun 2023 di Pamidangan Lembah Gunung Guntur, Jalan Ibrahim Adjie, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Ahad (24/12/2023). Dalam kegiatan yang bekerja sama dengan Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI) Kabupaten Garut itu, terdapat 320 ekor domba ikut berpartisipasi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Garut Nurdin Yana mengatakan pihaknya berniat menjadikan kegiatan ketangkasan domba sebagai agenda tahunan. Apalagi, Pemkab Garut telah memiliki Peraturan Daerah (Perda) Nomor 6 Tahun 2022 tentang Pelestarian dan Pengembangan Domba Garut. "Insyaallah mungkin ini juga akan menjadi agenda penting," kata dia, Ahad (24/12/2023). 

Baca Juga

Nurdin menegaskan, perlunya terus mendukung upaya pelestarian domba Garut. Menurut dia, pelestarian itu tidak hanya berdampak pada aspek pertanian, tetapi juga pada perekonomian masyarakat. "Oleh sebab itu Insyaallah rangkaian kegiatan-kegiatan dilakukan oleh HPDKI, insyaallah kita dukung, plus juga tahapan-tahapan akan dikembangkan juga oleh dinas teknis," kata dia.

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskannak) Kabupaten Garut, Beni Yoga Gunasantika, menjelaskan bahwa populasi domba di Kabupaten Garut kini mencapai hampir 1,4 juta ekor. Dari total populasi itu, sekitar 20 persennya merupakan domba tangkas tersebar hampir di 427 padepokan.

"Dengan adanya agenda ketangkasan domba ini, kami bisa menyeleksi domba-domba Garut unggulan yang akan dikembangkan kedepannya," kata dia. Beni berharap kegiatan ini dapat berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata. Dengan begitu, ajang tersebut akan menjadi agenda pariwisata yang menarik bagi pengunjung ke Kabupaten Garut.

"Nah mudah-mudahan ini bisa kita lakukan ke depan, dan saya berharap ini juga kita sudah berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata ini menjadi agenda pariwisata," ujar Beni.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement