Ahad 24 Dec 2023 11:29 WIB

Jelang Natal, Pelabuhan Bakauheni Ramai Lancar

Pengguna jasa penyeberangan diimbau membeli tiket Ferizy dari jauh hari.

Kendaraan pemudik roda empat antre untuk menaiki kapal di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung, Kamis (27/4/2023). Dari data ASDP Bakauheni  tercatat total jumlah kendaraan yang melalui Pelabuhan Bakauheni menuju pulau Jawa sebanyak 73.326, dan jumlah penumpang 323.859 orang.
Foto: Antara/Ardiansyah
Kendaraan pemudik roda empat antre untuk menaiki kapal di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung, Kamis (27/4/2023). Dari data ASDP Bakauheni tercatat total jumlah kendaraan yang melalui Pelabuhan Bakauheni menuju pulau Jawa sebanyak 73.326, dan jumlah penumpang 323.859 orang.

REPUBLIKA.CO.ID, LAMPUNG SELATAN - Arus pemudik di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, pada Ahad pagi (24/12/2023) atau H-1 menjelang Natal 2023 menuju Pelabuhan Merak Banten terlihat ramai lancar.

Pada pukul 08.00 WIB hingga 10.00 WIB, arus penumpang terpantau lancar baik di area dermaga eksekutif maupun dermaga reguler. Suasana kantong parkir di Pelabuhan Bakauheni pada pagi hari juga tampak seperti hari biasa. Terlihat juga pintu masuk pelabuhan di area pengecekan kendaraan sepi dan tidak menunjukkan adanya tumpukan kendaraan.

Baca Juga

General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni Rudi Sunarko, mengatakan pihaknya mencatat jumlah penumpang kapal yang menggunakan kendaraan roda empat dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, menuju Pelabuhan Merak, Banten, pada H-1 Natal mencapai 5.231 mobil, jumlah itu mengalami peningkatan dari hari sebelumnya yang mencapai 5.230 kendaraan.

Rudi mengimbau kepada pengguna jasa penyeberangan agar dapat membeli tiket Ferizy dari jauh hari. "Jadi kami mengimbau untuk calon pemudik dari Sumatera ke Jawa yang akan menggunakan jasa penyeberangan ASDP untuk membeli tiket dari jauh hari," katanya.

Untuk diketahui PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) telah memberlakukan ketentuan baru pembelian tiket daring kapal feri mulai 11 Desember 2023. Ketentuan itu berlaku di Pelabuhan Bakauheni, Pelabuhan Merak, Pelabuhan Ketapang, dan Pelabuhan Gilimanuk.

Ketentuan baru tersebut adalah pemesanan tiket feri dapat dilakukan sampai dengan batas radius maksimal lima kilometer sebelum pelabuhan. Ketentuan itu ditetapkan dalam Surat Dirjen Hubdat Kemenhub AP.406/1/5/DJPD/2023 perihal Penataan Layanan Pemesanan Tiket Elektronik di Sekitar Pelabuhan.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement