Selasa 19 Dec 2023 09:00 WIB

Prakiraan Cuaca Hari Ini: Hujan Lebat Diprediksi Terjadi di Sejumlah Daerah

Hujan lebat berpotensi di sejumlah daerah dengan curah hujan lebih dari 50 ml.

Sejumlah pengendara melewati genangan air (ilustrasi). BMKG memprediksi sejumlah daerah di Indonesia diguyur hujan lebat pada hari ini.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sejumlah pengendara melewati genangan air (ilustrasi). BMKG memprediksi sejumlah daerah di Indonesia diguyur hujan lebat pada hari ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada Selasa (19/12/2023), mengimbau warga untuk mewaspadai peluang hujan lebat dengan curah hujan 50 milimeter lebih di sejumlah daerah. Menurut siaran BMKG, hujan lebat berpeluang mengguyur bagian wilayah Provinsi Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatra Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Nusa Tenggara Timur, dan Kalimantan Barat.

Bagian wilayah Provinsi Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua juga menghadapi potensi hujan lebat. Angin kencang dengan kecepatan lebih dari 45 kilometer per jam diprakirakan meliputi bagian wilayah Provinsi Aceh, Sumatra Selatan, Banten, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Utara, dan Maluku.

Baca Juga

Di samping itu, hujan badai berpeluang meliputi bagian wilayah Aceh, Sumatra Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatra Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Maluku, dan Papua Barat. Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, sebelumnya menyampaikan bahwa peningkatan curah hujan diprakirakan terjadi hingga Hari Raya Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Potensi peningkatan curah hujan itu diprakirakan terjadi di wilayah Jawa-Nusa Tenggara, yang dapat terjadi mulai 23 Desember 2023," katanya.

Menurut dia, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berpotensi terjadi di bagian Pulau Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Papua, dan Maluku. Hujan lebat, hujan badai, dan angin kencang dapat mengakibatkan pepohonan tumbang serta menyebabkan bencana banjir dan tanah longsor. Oleh karena itu, warga yang tinggal di daerah yang berpeluang mengalami hujan lebat, hujan badai, dan angin kencang disarankan untuk meningkatkan kewaspadaan dan melakukan mitigasi, seperti membersihkan saluran-saluran air untuk memastikan aliran air tidak tersumbat saat hujan turun.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement