Senin 18 Dec 2023 18:49 WIB

Debat Cawapres Digelar Jumat Ini di JCC Senayan, KPU Sediakan Podium

Podium kecil akan disediakan untuk peserta debat untuk debat-debat selanjutnya.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Andri Saubani
Debat Capres 2023
Foto: voa
Debat Capres 2023

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hasyim Asy'ari, mengatakan, secara umum tidak ada perbedan skema penyelenggaraan debat calon wakil presiden (cawapres) yang akan dilaksanakan pada Jumat (22/12/2023) nanti di Gedung Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta. Menurut Hasyim, setidaknya satu yang berbeda adalah setiap cawapres akan diberi podium kecil sederhana. 

“Memang masing-masing tim pasangan calon mengusulkan supaya ada podium sederhana. Begitu seterusnya di debat capres berikutnya juga akan seperti itu,” kata Hasyim di Gedung KPU Pusat, Sebun (18/12/2023). 

Baca Juga

Memang pada debat perdana Selasa (12/12/2023), menurut Hasyim, masing-masing capres tidak diberi podium, alias hanya berdiri begitu saja. Setelah evaluasi bersama tim paslon, KPU sepakat untuk memberi peserta debat podium. 

Persis sama dengan debat capres kemarin, format debat cawapres ada enam segmen. Segmen pertama adalah penyampaian visi misi, program kerja oleh masing-masing calon wakil presiden. Kemudian segmen kedua dan segmen ketiga nanti akan diajukan sejumlah pertanyaan yg disusun oleh tim panelis, dan yangg akan menyampaikan atau mengajukan pertanyaan yaitu moderator.

Kemudian di segmen yang keempat dan kelima itu nanti masing-masing calon wakil presiden diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan kepada masing-masing calon wakil presiden yang lain. Dan juga masing-masinf calon wakil presiden diberi kesempatan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh masing-masing calon wakil presiden. 

“Persis seperti kita melaksanakan debat calon presiden yangg pertama. Kemudian yang segmen terakhir segmen keenam nanti closing statement atau pernyataan terakhir sebagai kesimpulan dari masing-masihg calon wakil presiden tentang topik yang dibahas,” ucap Hasyim. 

photo
Komik Si Calus : Debat - (Republika/Daan Yahya)

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement