Ahad 17 Dec 2023 19:45 WIB

Canda Ganjar Soal Bagi-Bagi Sepeda: Nggak Boleh, Nanti Disemprit Bawaslu

Capres Ganjar Pranowo sebut tidak boleh bagi-bagi sepeda nanti disanksi Bawaslu.

Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo. Capres Ganjar Pranowo sebut tidak boleh bagi-bagi sepeda nanti disanksi Bawaslu.
Foto: Republika/Nawir Asryad Akbar
Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo. Capres Ganjar Pranowo sebut tidak boleh bagi-bagi sepeda nanti disanksi Bawaslu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon Presiden RI Ganjar Pranowo saat berkampanye di Jawa Tengah sempat bercanda mengenai pemberian sepeda setelah pertanyaannya dijawab dengan benar oleh masyarakat yang hadir.

"Mau kasih sepeda? Akan tetapi, enggak boleh. Sekarang tuh saya kalau mau kasih-kasih enggak boleh, bisa disemprit Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu). Padahal, kami mau ngasih sebenarnya," kata Ganjar saat mengunjungi Pondok Pesantren Darussalam Timur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Ahad (17/12/2023).

Baca Juga

Usai acara, Ganjar menjelaskan bahwa maksud perkataannya merujuk pada kebiasaan dirinya saat menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah pada periode 2013 hingga 2023.

"Biasanya saya kalau pas jadi gubernur dahulu ada reward (penghargaan) yang kami berikan. Ada yang handphone, buku, laptop, sepeda, macam-macamlah permintaan mereka," katanya.

 

Walaupun demikian, sebagai peserta Pemilu 2024 yang sedang menjalani masa kampanye, kata Ganjar, pemberian hadiah seperti saat menjabat gubernur tidak dapat dilakukan.

"Akan tetapi, edukasinya sekarang adalah dalam konteks masa kampanye kami tidak boleh memberikan itu karena itu jadi money politic (politik uang). Tadi kami ceritakan kepada mereka, kemudian mereka paham," kata Ganjar.

Setelah mengunjungi Pondok Pesantren Darussalam Timur, Ganjar menemui Kiai Haji Sholihun sekaligus silaturahmi dan ngopi bareng tokoh lintas agama maupun lintas etnis di Pondok Pesantren Al-Ma'shum, Kabupaten Magelang, pada pukul 14.20 WIB

Ganjar juga ngopi dan ngobrol bersama petani di Dusun Gunung Bakal, Desa Sumberarum, Kabupaten Magelang pada pukul 15.00 WIB. Ganjar juga menghadiri pertemuan dengan tim pemenangan daerah (TPD), tim pemenangan cabang (TPC), calon anggota legislatif (caleg), dan sukarelawan se-Magelang di Desa Candirejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, pada pukul 16.15 WIB.

Selanjutnya, Ganjar bertemu dan ngobrol bersama pelaku seni di Pasar Pahing Pucang, Kabupaten Magelang, kemudian mampir ke pasar. Agenda tersebut dimulai sejak pukul 17.30 WIB.

Pada pukul 19.15 WIB, Ganjar menghadiri pertemuan dengan TPD, TPC, caleg, dan sukarelawan se-Temanggung di Desa Caruban, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Masih di Temanggung, Ganjar menghadiri acara selawatan Habib Zidan di Lapangan Maron, pada pukul 20.35 WIB. Agenda terakhir, Ganjar melakukan perjalanan menuju rumah warga di Kabupaten Wonosobo pada pukul 22.20 WIB.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement