Rabu 13 Dec 2023 09:10 WIB

Ini Peluang Karier dan Prospek Kerja Lulusan S2 Ilmu Komputer UNM

Lulusan S2 Ilmu Komputer UNM memiliki prospek karier di bidang ICT.

Lulusan Magister Ilmu Komputer khususnya di Fakultas Teknologi Informasi Universitas Nusa Mandiri (UNM) memiliki prospek karier di bidang ICT.
Foto: Dok. UNM
Lulusan Magister Ilmu Komputer khususnya di Fakultas Teknologi Informasi Universitas Nusa Mandiri (UNM) memiliki prospek karier di bidang ICT.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Punya kesempatan menempuh dan menyelesaikan pendidikan tinggi pada jenjang program magister selain dapat menjadi kebanggaan tersendiri, juga dapat membuka peluang untuk memperoleh karier yang lebih baik lagi. Tidak mengherankan jika saat ini seluruh dunia telah beralih ke era transformasi digital, termasuk dalam konteks bisnis. 

Penggunaan teknologi informasi dalam mengelola organisasi tentu saja membutuhkan sumber daya yang kompeten di bidang tersebut. Efek tren digitalisasi yang semakin berkembang disertai prospek dan kesempatan kerja di bidang ICT (Information and Communication Technology), pilihan jurusan Magister Ilmu Komputer selalu memiliki banyak peminat. 

Baca Juga

Pilihan jalur karier yang menjanjikan, dengan penghasilan yang pasti lebih tinggi dan peluang yang besar untuk bisnis, menjadi alasan utama terpilihnya bidang studi ini. Lulusan Magister Ilmu Komputer khususnya di Fakultas Teknologi Informasi Universitas Nusa Mandiri (UNM) memiliki prospek karier di bidang ICT sebagai berikut:

 

1. Pengembang Perangkat Lunak

Salah satu potensi karier lulusan magister ilmu komputer yakni sebagai Pengembang Perangkat Lunak atau Software Engineer. Software Engineer menjadi topik hangat bagi pencarian kerja dan banyak dicari perusahaan berbasis teknologi di Indonesia.

 

2. Pengembang Aplikasi Visual dan AI

Pengembang perangkat lunak baik aplikasi visual ataupun AI menjadi otak di balik teknologi yang berkembang saat ini. Setiap hari, berbagai industri berusaha keras mencari IT Talent untuk menawarkan posisi sebagai App Developer, termasuk di Indonesia. Tingginya permintaan pasar untuk menggunakan jasa pengembang IT, membuat gaji seorang App Developer di Indonesia mencapai angka dua digit.

 

3. Pengembang Smart Contracts

Industri kripto kini menjadi jalur karier dengan pertumbuhan paling pesat dalam ranah ekonomi digital. Sebagian besar pekerjaan kripto berkisar di area blockchain, artificial intelligence, pemasaran, dan gaming. Seorang pengembang atau developer smart contract memiliki pemahaman yang baik tentang prinsip kerja dari beragam platform blockchain.

 

4. Data Scientist

Salah satu peluang karier bagi lulusan bidang ilmu komputer menjadi data scientist, dan sebagian besar berasal dari lulusan jenjang magister. Data Scientist yaitu posisi yang bertugas untuk menganalisis data yang berukuran besar dan terbilang cukup kompleks.

 

5. Manajer Proyek IT

IT Project Manager merupakan profesi yang bertanggung jawab untuk mengelola proyek IT di perusahaan. IT Project Manager harus memastikan proyek berjalan sesuai rencana, waktu, dan anggaran yang ditetapkan. Lulusan program Magister Ilmu Komputer punya pengetahuan tentang teknologi dan manajemen proyek yang dapat membantu mereka menjadi IT Project Manager yang sukses.

 

6. Data Engineer

Peran data engineer profesional sangat dibutuhkan saat ini. Tak hanya dibutuhkan oleh perusahaan di bidang IT, tetapi juga perusahaan-perusahaan industri bidang lainnya yang kini mulai beralih ke teknologi digital.

 

7. Peneliti AI, Blockchain & Vision

Researcher atau peneliti bertugas untuk melakukan penelitian menggunakan metode ilmiah dalam mengembangkan ilmu pengetahuan atau mencari solusi permasalahan dengan merencanakan penelitian, menelusuri kepustakaan, mengumpulkan data, mengolah data, menulis hasil penelitian dan mempresentasikan hasil penemuan. 

Lulusan program Magister Ilmu Komputer Universitas Nusa Mandiri (UNM) punya kesempatan besar berkarier sebagai Peneliti AI, Blockchain & Vision sesuai dengan peminatan yang tersedia. Ayo segera bergabung di Magister Ilmu Komputer FTI Universitas Nusa Mandiri (UNM) dan bekali diri dengan ilmu, pengalaman di bidang ICT dan perluasan jaringan relasi.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement