Rabu 13 Dec 2023 06:41 WIB

Mahfud MD Yakin Undecided Voters Putuskan Dukung Ganjar

Ketum PPP yakin, 99 persen pemilih Jokowi akan balik mendukung capres Ganjar.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Erik Purnama Putra
Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3 sekaligus Menko Polhukam, Mahfud MD.
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3 sekaligus Menko Polhukam, Mahfud MD.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3, Mahfud MD, mengaku yakin pemilih yang belum menentukan pilihannya atau undecided voters akan mendukung Ganjar Pranowo. Khususnya, setelah mendengarkan pandangan Ganjar dalam forum debat yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Insya Allah (yakin)," ujar Mahfud di depan Kantor KPU, Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2023) malam WIB. Dia menilai, Ganjar sudah menjalankan debat hari ini dengan sangat baik.

Seluruh pernyataan dan jawaban mantan gubernur Jawa Tengah itu sesuai dengan situasi politik Indonesia saat ini. "95 persen dari seluruh persoalan yang ditanyakan kepada paslon 3 saya kira terjawab dengan baik dan persis dengan ketentuan perundang-undangan dan situasi sosial politik," ujar Mahfud.

Sebelumnya, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) meyakini tingginya suara untuk pasangan Ganjar-Mahfud jelang pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Namun, penurunan terjadi karena adanya intimidasi terhadap pemilih pasangan nomor urut 3 itu.

"Sebenarnya kalau kita lihat dukungan rakyat sangat kan kuat, hanya memang kita akui banyak intimidasi. Sehingga menyebabkan undecided, bahkan unspoken voters itu juga cukup banyak," ujar Sekretaris Jenderal DPP PDIP, Hasto Kristiyanto.

Hal tersebut juga berkaca pada banyaknya hasil survei yang berbeda dalam mencerminkan elektabilitas tiga pasangan calon. Namun hasil tersebut tak diambil pusing oleh PDIP, sebab Ganjar-Mahfud tetap akan turun ke masyarakat untuk mendengarkan aspirasinya.

Pemilih Jokowi dukung Ganjar...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement