Ahad 10 Dec 2023 10:23 WIB

Cek Prakiraan Cuaca Hari Ini Versi BMKG, Perhatikan Khusus DKI Jakarta

Sejumlah wilayah Indonesia diprediksi akan diguyur hujan sore

Ilustrasi hujan di DKI Jakarta. Sejumlah wilayah Indonesia diprediksi akan diguyur hujan sore
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ilustrasi hujan di DKI Jakarta. Sejumlah wilayah Indonesia diprediksi akan diguyur hujan sore

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Sejumlah wilayah Indonesia diprakirakan mengalami hujan yang dapat disertai kilat atau petir pada hari Ahad (10/12/2023) ini, menurut peringatan dini cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).   

Situs BMKG, Minggu, menyebutkan hujan disertai petir berpotensi terjadi di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatra Barat, Riau, Kep. Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatra Selatan, Kep. Bangka Belitung, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur. 

Baca Juga

Kondisi serupa juga berpotensi terjadi di wilayah Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.    

Sementara itu, wilayah dengan potensi angin kencang yakni Aceh, Sumatra Selatan, Kep Bangka Belitung, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Selatan.   

 

BMKG menyampaikan, berdasarkan model filter spasial Madden Julian Oscillation (MJO) pada 10 - 11 Desember 2023, gangguan fenomena MJO secara spasial terpantau aktif hampir di seluruh wilayah Indonesia yang berpotensi menyebabkan peningkatan pertumbuhan awan hujan.  

Khusus Jakarta

Sementara itu, khusus daerah Ibu Kota Jakarta, disebutkan pada pagi hari, cuaca di wilayah Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu diperkirakan cerah berawan.

Memasuki siang hari, hujan berintensitas ringan berpotensi mengguyur seluruh wilayah DKI Jakarta dan Kepulauan Seribu.

BMKG memperingatkan potensi hujan disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat di sebagian wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada sore hari.

Pada malam hari, cuaca di wilayah Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu diramalkan berawan. Adapun hujan ringan akan membasahi wilayah Jakarta Selatan.

Selanjutnya, cuaca berawan diprediksi menyelimuti wilayah Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu pada pada Senin (11/12/2023) dini hari.

Suhu udara di Jakarta dan Kepulauan Seribu pada Minggu secara umum berada pada temperatur antara 24 hingga 31 derajat Celsius, dengan kelembaban udara antara 65 hingga 100 persen.

Sebelumnya, Deputi Bidang Meteorologi, BMKG, Guswanto mengimbau masyarakat untuk waspada peningkatan potensi cuaca ekstrem dalam sepekan ke depan.

"Kondisi cuaca dan iklim di seluruh wilayah Indonesia saat ini menunjukkan adanya signifikansi dinamika atmosfer yang dapat berdampak pada potensi peningkatan curah hujan di sejumlah wilayah di Indonesia," katanya.

Baca juga: Remehkan Rencana Satgas Maritim Bentukan Amerika Serikat, Houthi Yaman: Tak Ada Nilainya

Ia mengemukakan beberapa fenomena atmosfer yang terpantau cukup signifikan dan dapat memicu peningkatan curah hujan di wilayah Indonesia, di antaranya fenomena Madden Julian Oscillation (MJO) yang saat ini mulai memasuki wilayah Indonesia bagian barat.

"MJO diprediksikan dapat terus aktif di sekitar wilayah Indonesia hingga periode Dasarian I Desember 2023, dapat berkontribusi pada peningkatan pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia," paparnya.  

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement