Jumat 08 Dec 2023 11:13 WIB

Jokowi Lantik Kepala BNN dan Saksikan Pengambilan Sumpah Hakim MK

Jokowi melantik Kepala BNN Irjen Marthinus Hukom menggantikan Komjen Petrus Golose.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Erik Purnama Putra
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Irjen Marthinus Hukom di Istana Negara, Jakarta, Jumat (8/12/2023).
Foto: Republika/Dessy Suciati Saputri
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Irjen Marthinus Hukom di Istana Negara, Jakarta, Jumat (8/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Irjen Marthinus Hukom di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat (8/12/2023). Marthinus Hukom dilantik menggantikan Komjen Petrus R Golose yang memasuki masa pensiun.

Adapun Irjen Marthinus Hukom sebelumnya menjabat sebagai Kepala Detasemen Khusus (Kadensus) 88 Antiteror Polri. Pelantikan Kepala BNN dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden RI No 182/TPA Tahun 2023 tentang pemberhentian dan pengangkatan dari dan dalam jabatan pimpinan tinggi utama di lingkungan BNN.

Kemudian acara pelantikan dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan Kepala BNN Irjen Marthinus Hukom oleh Presiden Jokowi. Marthinus pun mengikuti ucapan yang disampaikan RI 1.

"Demi Tuhan saya berjanji bahwa saya akan setia dan taat kepada UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjaga integritas, tidak menyalahgunakan kewenangan, serta menghindarkan diri dari perbuatan tercela," kata Jokowi saat mendiktekan sumpah jabatan.

 

Acara pun dilanjutkan dengan penandatangan berita acara pengambilan sumpah jabatan oleh Irjen Marthinus Hukom dan Presiden Jokowi. Pelantikan itu turut dihadiri Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Jaksa Agung St Burhanuddin, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Presiden Jokowi sebelumnya juga menyaksikan pengucapan sumpah jabatan Ridwan Mansyur sebagai hakim Mahkamah Konstitusi RI di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat. Ridwan pernah mengemban tugas sebagai Kepala Biro Hukum dan Humas Mahkamah Agung.

Pengangkatan Ridwan Mansyur sebagai Hakim MK berdasarkan pada Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 98/P Tahun 2023 tanggal 12 Oktober 2023 tentang pemberhentian dan pengangkatan hakim konstitusi.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pengucapan sumpah hakim konstitusi dan disaksikan oleh Presiden Jokowi. Ridwan menggantikan hakim konstitusi Manahan Malontinge Pardamean Sitompul yang purnatugas karena berusia 70 tahun pada Desember 2023.

Pelaksanaan pengucapan sumpah jabatan, diakhiri dengan pemberian ucapan selamat oleh Presiden Jokowi yang kemudian diikuti oleh para tamu undangan yang hadir.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement