Ahad 03 Dec 2023 06:50 WIB

Holding RS BUMN Edukasi Preventif AIDS Komunitas Pelajar dan Pekerja

Pencegahan AIDS melibatkan komunitas dari semua kalangan.

Rep: M Nursyamsi/ Red: Erdy Nasrul
HIV/AIDS (Ilustrasi)
Foto: Flickr
HIV/AIDS (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pertamina Bina Medika - Indonesia Healthcare Corporation (IHC) atau Holding Rumah Sakit (RS) BUMN melakukan gerakan edukasi preventif untuk mendukung Indonesia bebas AIDS 2030. Direktur Medis IHC Lia Gardenia Partakusuma mengatakan, IHC lakukan edukasi preventif AIDS dengan cara persuasif kepada komunitas pelajar hingga pekerja.

“Kami ikut bergerak mengedukasi pencegahan AIDS dengan melibatkan komunitas dari semua kalangan," ujar Lia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (2/12/2023).

Baca Juga

Lia mengatakan edukasi ini diagendakan secara serentak IHC Group di seluruh Indonesia selama Desember 2023 sebagai upaya preventif HIV AIDS.

Akhmad Rendy Firmansyah dari Klinik Pertamina IHC menyampaikan HIV adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia dan menimbulkan AIDS Acquired, Immune, Deficiency, Syndrome atau kumpulan gejala penyakit yang disebabkan virus HIV.

 

"Ada tiga tahap HIV menjadi AIDS," ujar Rendy.

Tahap pertama, penderita HIV tidak menunjukkan gejala atau asimptomatik. Pemeriksaan HIV pun masih menunjukkan hasil negatif. Pada tahap ini penderita HIV dapat beraktifitas normal namun sudah dapat menularkan virus HIV.

Tahap kedua, hasil pemeriksaan HIV sudah menunjukkan hasil positif. Namun pasien masih tidak merasakan apa-apa dan dapat beraktifitas normal. Pada tahap ini pasien juga dapat menularkan HIV dan sudah dianjurkan untuk mengkonsumsi obat ARV (Anti Retro Viral) untuk menekan jumlah virus yang ada di tubuh. Apabila penderita mengkonsumsi ARV secara teratur, maka penderita HIV tersebut dapat beraktivitas normal.

Tahap ketiga, muncul kumpulan gejala seperti penurunan berat badan, diare kronis lebih dari saty bulan, demam berkepanjangan lebih dari 1 bulan, batuk kronis, dan infeksi jamur. Pada tahap ini penderita sudah mengalami AIDS sehingga membutuhkan penanganan ekstra.

“Pencegahan HIV AIDS dengan cara ABCDE yaitu Abstinence, Be Faithfull, Condom, Don’t do Drugs, Education,” ucap Rendy.

Abstinence tidak berhubungan seks yang belum menikah, edukasi kesehatan reproduksi penting dikalangan pelajar. Be faithful adalah setia pada pasangan dan tidak berganti-ganti pasangan. Rendy mengatakan menggunakan kondom dapat mencegah penularan virus HIV. 

Rendy mengatakan dont do drugs dengan tidak menggunakan jarum suntik secara bergantian dan tidak menggunakan obat-obatan terlarang.

"Education yaitu terus memberikan penyuluhan dan edukasi tentang pencegahan HIV, pengobatan serta bagaimana hidup berdampingan dengan ODHA (orang dengan HIV AIDS)," kata Rendy. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement