Jumat 01 Dec 2023 15:14 WIB

Kronologi Lansia 102 Tahun Meninggal Seusai Tertimpa Longsor di Tasikmalaya

Saat longsor terjadi, penghuni rumah masih tertidur.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Agus raharjo
Warga melihat rumah yang tertimpa longsor di Desa Cibatuireng, Kecamatan Karangnunggal, Kabupaten Tasikmalaya, pada Jumat (1/12/2023). Akibatnya, satu orang warga dilaporkan meninggal dunia.
Foto:

Selain di Kecamatan Karangnunggal, Tagana juga mendapatkan laporan bencana dari berbagai kecamatan lainnya. Menurut Jembar, berdasarkan laporan yang masuk, ada bencana rumah ambruk di Kecamatan Sukarame dan Singaparna dan bencana tanah longsor di Kecamatan Salawu dan Sukaratu.

"Sampai saat ini laporan terus masuk," kata dia.

BPBD Kabupaten Tasikmalaya juga terus menerima laporan bencana dari beberapa wilayah kecamatan lain. Sejumlah laporan yang masuk di antara dari Kecamatan Manonjaya, Cisayong, dan Puspahiang. "Petugas sudah disebar," kata Nuraedidin. 

Ia mengatakan, pihaknya telah menyebarkan surat imbauan untuk meningkatkan kewaspadaan menghadapi musim hujan. Surat imbauan itu telah disebarkan kepada camat.

Menurut dia, Bupati Tasikmalaya juga akan membuat imbauan terkait kewaspadaan menghadapi musim hujan hingga ke tingkat RT. "Semua diminta waspada menghadapi potensi bencana saat musim hujan. Kami juga dalam waktu dekat akan menggelar apel kesiapsiagaan," kata dia.

Nuraedidin mengungkapkan, berdasarkan informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), puncak musim hujan di wilayah Kabupaten Tasikmalaya akan terjadi pada Januari-Maret 2024. Sementara saat ini, intensitas hujan di wilayah Kabupaten Tasikmalaya masih belum merata.

"Kalau sekarang masih belum merata. Di satu kecamatan hujan, di tempat lain tidak," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement