Jumat 01 Dec 2023 13:31 WIB

Debat Kehadiran Iriana Jokowi di Pemakaman Ibunda Suami, Respons Gibran dan Sikap Prabowo

Gibran meminta agar semua pihak tak urusi gosip.

Rep: C02/Antara/Dessy/ Red: Teguh Firmansyah
Hari pertama kampanye, Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming masih berkantor sebagai wali kota Solo seperti biasanya, Selasa (28/11/2023).
Foto:

Muzani tidak menjelaskan secara detail narasi fitnah apa yang bergulir di tengah masyarakat yang menyudutkan pasangan Prabowo-Gibran. Menurut Muzani, membalas narasi fitnah dengan fitnah hanya akan menimbulkan situasi politik yang tidak sehat.

 Jika pemilu hanya menjadi ajang menyebarkan fitnah, kata dia, perpecahan di tengah masyarakat akan dengan mudah terjadi. Padahal, setelah pemilu selesai, seluruh masyarakat harus kembali rukun dan bersatu mendukung pemerintah yang sah.

Kalau Prabowo terpilih, dia memastikan Ketua Umum Partai Gerindra itu tidak hanya memberikan melindungi pendukungnya saja. "Pak Prabowo berjanji jabatan ini untuk melindungi seluruh bangsa Indonesia dan seluruh tumpah tanah Indonesia," kata dia.

 Hubungan Megawati-Jokowi

Sementara Koordinator Staf Khusus Presiden RI, Ari Dwipayana menegaskan hubungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputi masih baik. Hubungan Jokowi dan Megawati dinilai semakin renggang setelah putra Jokowi, Gibran Rakabuming Raka maju menjadi cawapres mendampingi Prabowo Subianto.

 "Ya baik-baik saja lah ya kan tidak ada masalah," kata Ari kepada wartawan, Jumat (1/12/2023).

Ari juga menyebut, Presiden Jokowi enggan mengomentari pernyataan Megawati soal pemerintah layaknya orde baru karena itu merupakan hak dalam berpendapat. "Ya itu kan domain bu Mega. Saya kira presiden tidak komentar," kata Jokowi.

Selain itu, Ari juga menjelaskan soal ketidakhadiran Sekretaris Kabinet Pramono Anung dalam sejumlah kunjungan kerja Presiden. Menurut Ari, Seskab Pramono tidak ikut mendampingi kegiatan Presiden karena bergantian dengan Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Pramono Anung sendiri merupakan politikus senior dari PDIP.

"Pak Pramono Anung dalam beberapa kunker ikut beliau. Jadi ini gantian di istana ada pak Mensesneg, setelah itu pak Pramono Anung. Jadi mereka bergiliran, bahkan di kunker. Kan gantian kemarin juga di beberapa kesempatan kunker dan juga acara-acara presiden, pak Pramono Anung mendampingi presiden," jelasnya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement