Selasa 28 Nov 2023 19:35 WIB

7 dari 11 Pasien Cacar Monyet di Jakbar Telah Sembuh

Kasudinkes Sebanyak 7 dari 11 pasien cacar monyet di Jakarta Barat telah sembuh.

Kasus Monkeypox/cacar monyet (ilustrasi). Kasudinkes Sebanyak 7 dari 11 pasien cacar monyet di Jakarta Barat telah sembuh.
Foto: Freepik
Kasus Monkeypox/cacar monyet (ilustrasi). Kasudinkes Sebanyak 7 dari 11 pasien cacar monyet di Jakarta Barat telah sembuh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pasien yang memiliki cacar monyet mengalami perkembangan baik. Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat mengungkapkan tujuh dari 11 pasien cacar monyet di wilayah tersebut telah sembuh.

"Iya 10, sekarang komulatif naik 11. Dari 11 yang udah sembuh tujuh pasien, yang dirawat tinggal 4 pasien," kata Kepala Suku Dinas Kesehatan (Sudinkes) Jakarta Barat Erizon Safari saat dihubungi di Jakarta pada Selasa.

Baca Juga

Erizon menuturkan, keempat pasien tersebut sedang menjalani isolasi mandiri di rumah. "(Empat pasien tersebut) Isolasi mandiri di rumah saja. Ini kan bukan pandemi ya sehingga enggak harus intervensi. Jadi mereka istirahat di rumah saja," ujar Erizon.

Pihaknya tetap menggencarkan pemberian vaksin kepada orang yang melakukan kontak erat dengan pasien cacar monyet untuk mencegah penularan penyakit tersebut.

 

"Tapi atensinya kita vaksin buat yang kontak erat. Hanya untuk orang-orang yang kontak erat saja, jadi enggak semua," kata Erizon.

Mengenai langkah pencegahan cacar monyet, Erizon tetap mendorong masyarakat untuk menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Untuk warga yang melakukan kontak langsung dengan pasien cacar monyet (monkeypox), dia menyarankan untuk melakukan vaksinasi ke Puskesmas terdekat.

"Ya kalau untuk orang-orang yang potensial berisiko, yang kontak langsung, dianjurkan untuk vaksinasi," ungkap Erizon.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement