Jumat 24 Nov 2023 17:16 WIB

Ganjar Minta Wejangan kepada Wapres Boediono Selama di Pemerintahan

Capres Ganjar membanggakan pencapaiannya selama 10 tahun memimpin Jateng.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Erik Purnama Putra
Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo bersilaturahim di kediaman Wakil Presiden ke-11 Republik Indonesia Prof Boediono, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (24/11/2023).
Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo bersilaturahim di kediaman Wakil Presiden ke-11 Republik Indonesia Prof Boediono, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (24/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo bersilaturahim ke kediaman Wakil Presiden ke-11 RI Prof Boediono. Dalam pertemuan itu, Ganjar menilai, Boediono merupakan sosok yang paham betul terkait ekonomi dan birokrasi.

"Ada tiga pelajaran penting yang diberikan, bagaimana berbanga bernegara itu satu mengurusi kelembagaan yang bagus, mengurusi SDM yang bagus, dan membuat programnya yang juga bagus," ujar Ganjar di kediaman Boediono, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (24/11/2023).

Menurut Ganjar, kalau tiga hal tersebut berjalan dengan baik, maka Indonesia dipastikannya menjadi lebih baik. Dia mengaku, tak salah bersilaturahim ke Boediono, yang notabenenya merupakan mantan menko perekonomian dan gubernur Bank Indonesia.

"Saya ngaji saja sama beliau selama memimpin, selain itu nggak ada. Karena beliau orang yang profesional di bidangnya," ujar Ganjar.

 

Di samping itu, kunjungannya tersebut bukan dalam rangka dirinya untuk meminta dukungan kepada Boediono. Silaturahim tersebut murni untuk mendengar pengalaman dari Wakil Presiden dari Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu.

"Makanya saya sudah tahu karakter beliau, saya bicara soal yang lebih praktis. Bagaimana leadership, bagaimana memimpin dalam situasi kondisi dunia yang berubah, jadi ilmu-ilmunya itu," ujar Ganjar.

Boediono mengungkapkan, pertemuannya dengan Ganjar membahas pengalamannya selama ini di pemerintahan. Khususnya, ketika menjadi wakil presiden ke-11 Republik Indonesia mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada 2009-2014.

"Saya kan selama di pemerintahan, bahkan sejak Orde Baru dulu saya bukan pengambil keputusan, tapi saya ngerti lah sampai informasi. Ya apa yang beliau tanyakan ya saya coba untuk jawab. Ya ekonomi dan pembangunan," ujar Boediono yang bersama Ganjar sama-sama alumni UGM.

Banggakan 3 program unggulan...

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement