Ahad 19 Nov 2023 23:40 WIB

Dukungan Masyarakat Toraja untuk Ganjar-Mahfud, Basarah: Ini Rumah Kebangsaan

Ia menyebut, rakyat Indonesia butuh pemimpin yang bisa menyatukan.

Deklarasi dukungan masyarakat Toraja di Rumah Aspirasi Relawan Ganjar-Mahfud, Jakarta, Ahad (19/11/2023).
Foto: Dok. Web
Deklarasi dukungan masyarakat Toraja di Rumah Aspirasi Relawan Ganjar-Mahfud, Jakarta, Ahad (19/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) sekaligus Ketua Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pemilu Presiden (TKRPP) 2024, Ahmad Basarah mengatakan Ganjar Pranowo-Mahfud MD merupakan pemimpin yang bisa menyatukan dan juga berkomitmen menjadikan Indonesia sebagai ‘Rumah Besar’ bagi seluruh anak bangsa yang terdiri dari beragam suku, agama dan kepercayaan. 

“Rakyat Indonesia butuh pemimpin yang bisa menyatukan. Itu mengapa, rakyat butuh pemimpin seperti Ganjar-Mahfud yang bisa menjamin Indonesia jadi ‘Rumah Besar’ bagi seluruh anak bangsa yang berbeda suku, agama dan kepercayaan,” ujar Basarah saat menghadiri acara deklarasi dukungan masyarakat Toraja di Rumah Aspirasi Relawan Ganjar-Mahfud, Jakarta, Ahad (19/11/2023). 

Baca Juga

Dalam kesempatan itu, Basarah menyampaikan terima kasihnya atas nama Ketua TKRPP dan juga Wakil Ketua TPN atas dukungan yang diberikan masyarakat Toraja untuk Ganjar-Mahfud di Pemilu Presiden 2024. Apalagi, kata Basarah, pasangan Ganjar-Mahfud sudah dianggap oleh masyarakat Toraja sebagai “Solata”, yang dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai “Teman” atau “Sahabat”.

Dukungan yang diberikan masyarakat Toraja juga diartikan menaruh harapan besar sekaligus meyakini pasangan Ganjar-Mahfud dapat membawa Indonesia lebih unggul.  

“Masyarakat Toraja itu mayoritas nasionalis, betul-betul cinta NKRI, sehingga tepat mendukung Ganjar-Mahfud yang dinilai sebagai pasangan capres-cawapres yang paling toleran, menjaga pluralisme, setia kepada Pancasila dan UUD 1945. Pasangan ini sangat ideal dan sudah teruji jika melihat segudang pengalaman mereka," kata Basarah. 

Basarah mengungkapkan, Toraja sejak dulu dikenal dengan kehidupan toleransi dan kerukunan antarumat beragama. Hingga kini, masyarakat hidup akur dan damai tanpa adanya sekat-sekat identitas sosial (etnis dan agama).

“Bisa dikatakan, Toraja melambangkan miniatur Indonesia. Selain beragam etnis berbaur dan saling berinteraksi, agama versi negara, plus agama lokal juga hidup berdampingan di Tanah Toraja. Menjaga kerukunan umat beragama menjadi concern bagi pasangan Ganjar-Mahfud,” ujar Basarah, yang juga Wakil Ketua MPR. 

Sejak diumumkan sebagai pasangan capres-cawapres, dukungan untuk Ganjar-Mahfud terus mengalir dari pelbagai daerah. Selain masyarakat Toraja, Basarah mengungkapkan, dukungan untuk Ganjar-Mahfud juga diberikan oleh masyarakat dari daerah lainnya di Indonesia. Dukungan bahkan terus mengalir dari Aceh hingga Papua. 

“Sebelumnya dukungan untuk Ganjar-Mahfud juga disampaikan antara lain oleh orang-orang Batak, Jawa, Sunda, Madura, Ambon, Manado, Kalimantan hingga Papua. Mereka anak-anak bangsa yang meyakini Indonesia akan harmoni di bawah orkestrasi kepemimpinan Ganjar-Mahfud,” ujar Basarah. 

Basarah mengatakan, dukungan masyarakat Toraja nyata untuk pasangan Ganjar-Mahfud. Ia meyakini kemenangan besar akan diraih pasangan Ganjar-Mahfud di Tanah Toraja karena adanya kesamaan pandangan dan harapan membawa Indonesia lebih unggul. 

“Ganjar-Mahfud adalah paket lengkap pasangan pemimpin untuk Indonesia. Mereka berlari untuk Indonesia. Ganjar-Mahfud bergerak cepat untuk Indonesia yang lebih unggul," ujar Basarah.

Sementara itu, Wakil Ketua TPN Komjen Gatot Eddy Pramono menambahkan deklarasi yang dilakukan pada hari Minggu ini menjadi berkat untuk pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan semua pihak.

"Tentu saja dukungan yang diberikan semakin menambah keyakinan kita bahwa pasangan Ganjar-Mahfud didukung sepenuhnya oleh rakyat, bukan penguasa. Sejak dulu, saya sudah mengetahui dan mendengar bahwa masyarakat Toraja lekat atau dikenal dengan kehidupan toleransi dan kerukunan antarumat beragamanya," katanya.

Ketua Relawan Solata Ganjar-Mahfud April Bulo memaparkan deklarasi dilakukan dalam rangka mengajak semua orang Toraja untuk bersama-sama menyatakan dukungan sikap yang jelas bahwa NKRI selama ini hidup merasa nyaman.

"Kami orang Toraja merasa agak terusik karena adanya hal-hal yang kami anggap tidak rasional yang dilakukan saat ini menjelang dilakukannya menjelang pemilihan presiden. Kami harus menyatakan sikap mendukung sepenuhnya Ganjar-Mahfud sebagai Presiden 2024. Kami percaya pasangan ini punya pengalaman yang luar biasa dan pendidikan yang luar biasa, latar belakang yang baik tidak diragukan lagi untuk membangun negara Indonesia yang besar ini," kata dia. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement