Jumat 17 Nov 2023 11:22 WIB

Dinilai Komitmen Terhadap Ketahanan Energi, Prabowo-Gibran Dapat Dukungan Anak Muda Kaltim

Kalimantan Timur sebagai daerah penghasil energi, isu ini dianggap penting.

Komite Independen Pemenangan (KIP) Prabowo-Gibran Kalimantan Timur.
Foto: Dok. Web
Komite Independen Pemenangan (KIP) Prabowo-Gibran Kalimantan Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, SAMARINDA -- Ratusan anak muda di Kalimantan Timur menegaskan dukungan mereka kepada Calon Presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subianto serta Gibran Rakabuming Raka, Kamis (16/11/2023). Aksi ini diinisiasi oleh Komite Independen Pemenangan (KIP) Prabowo-Gibran Kalimantan Timur, dengan melibatkan perwakilan dari 10 Kabupaten dan Kota di wilayah tersebut.

Koordinator KIP Prabowo Gibran, Huda Jamil, menyatakan dukungan ini didasarkan pada fokus Prabowo-Gibran terhadap ketahanan energi. Dalam konteks Kalimantan Timur sebagai daerah penghasil energi, isu ini dianggap penting.

Baca Juga

Menurut Huda, Capres dan Cawapres yang konsisten mendukung ketahanan energi adalah Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. "Prabowo - Gibran menjawab tantangan dengan visi dan misi yang mengutamakan pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) Indonesia," ujarnya.

Pemuda yang terlibat dalam berbagai kegiatan sosial ini berpendapat bahwa penguasaan teknologi eksplorasi dan eksploitasi migas perlu ditingkatkan untuk mencapai kedaulatan energi. Mereka menyoroti pentingnya pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT) sebagai solusi ramah lingkungan dan strategi mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil.

 

Ketua Umum Komite Independen Pemenangan Prabowo Gibran Fandi Utomo mengatakan peran aktif generasi muda dalam pemilu sangat penting. Hal ini agar menjadi suara yang mengartikulasikan kebutuhan warga lokal,  terutama di Kalimantan Timur.

"Kami yakin bahwa posisi Kaltim sebagai penyedia kebutuhan energi nasional dan global, termasuk sumber energi terbarukan, mendapat perhatian konkret dalam visi misi Pak Prabowo dan Mas Gibran. Deklarasi dukungan kami hari ini adalah bentuk nyata komitmen untuk memastikan arahan kebijakan nasional mencerminkan kepentingan dan potensi di wilayah Kalimantan Timur," kata Fandi.

Dukungan ini menjadi relevan mengingat Indonesia, sebagai penandatangan Perjanjian Paris, diwajibkan untuk mengurangi penggunaan batu bara sebagai sumber energi. Komitmen Prabowo-Gibran terhadap ketahanan energi dan transformasi ramah lingkungan menjadi dasar utama dukungan dari Komite Independen Pemenangan Prabowo-Gibran di Kalimantan Timur.

Adapun Gibran Rakabuming Raka telah menyatakan keberlanjutan menjadi modal kuat untuk menuju Indonesia Maju. "Saya ingin konsistensi dan keberlanjutan menjadi modal kuat kita menuju Indonesia Maju," kata Gibran, demikian dilansir dari Antara

 

 

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement