Kamis 16 Nov 2023 23:56 WIB

Antisipasi Cacar Monyet, Dinkes Mataram Minta Warga Terapkan PHBS

Sejauh ini kasus cacar monyet belum ditemukan di Kota Mataram.

Cacar monyet (ilustrasi). Dinkes Matara, meminta warga menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) sebagai langkah antisipasi penyebaran virus cacar monyet (monkeypox).
Foto: Pixabay
Cacar monyet (ilustrasi). Dinkes Matara, meminta warga menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) sebagai langkah antisipasi penyebaran virus cacar monyet (monkeypox).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dinas Kesehatan Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, meminta warga agar menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) sebagai langkah antisipasi penyebaran virus cacar monyet (monkeypox). Kepala Dinas Kesehatan Kota Mataram dr H Usman Hadi mengatakan, upaya pencegahan seperti ketika Covid-19 merebak perlu diterapkan kembali guna menghindar dari berbagai potensi penularan virus berbahaya.

"Seperti menggunakan masker dan mencuci tangan setelah beraktivitas dan berinteraksi dengan orang banyak bisa melindungi kita dari berbagai virus," katanya, Kamis (16/11/2023).

Baca Juga

Menurut dia, sejauh ini kasus cacar monyet belum ditemukan di Kota Mataram, namun langkah pencegahan lebih baik dilakukan daripada mengobati. "Apalagi vaksin virus cacat monyet ini terbatas dan harganya cukup mahal. Jadi, lebih baik kita mencegah dengan menerapkan PHBS," katanya.

Sekretaris Dinas Dinkes Kota Mataram dr H Emirald Isfihan mengatakan, berbagai langkah antisipasi yang dapat dilakukan masyarakat untuk menghindari virus cacar monyet di antaranya, menjalankan pola hidup sehat dengan istirahat cukup, minum air putih yang banyak, makan makanan bergizi, dan melakukan olahraga rutin. "Pola hidup sehat adalah kunci untuk menjaga imunitas. Imunitas yang bagus menjadi penangkal penyakit terutama penyakit menular," katanya.

 

Selain itu, kata dia, jika ada gejala yang dirasakan seperti sakit kepala, demam, nyeri otot, sakit punggung, dan lainnya segera periksa diri ke dokter atau fasilitas kesehatan (faskes) terdekat. Pasalnya, dengan pengobatan yang tepat dan cepat cacat monyet akan sembuh sendiri dalam waktu 2-4 pekan bahkan kadang 3 pekan, sama seperti cacar air.

"Cepat lambatnya penyembuhan cacar monyet juga tergantung imunitas masing-masing orang," katanya.

 

sumber : Antara
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement