Rabu 15 Nov 2023 07:41 WIB

Tiba di Indonesia, Coldplay Gunakan Visa RI Jenis Baru

Coldplay menggunakan music and arts visa untuk masuk ke Indonesia.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Friska Yolandha
Chris Martin of Coldplay performs amidst floating balloons during their performance at the Rose Bowl, Saturday, Sept. 30, 2023, in Pasadena, Calif.
Foto: AP Photo/Chris Pizzello
Chris Martin of Coldplay performs amidst floating balloons during their performance at the Rose Bowl, Saturday, Sept. 30, 2023, in Pasadena, Calif.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Grup musik asal Inggris, Coldplay, merasakan kemudahan music and art visa pascadiperkenalkan pada September 2023 oleh Kementerian Hukum dan HAM. Coldplay resmi bakal menggelar konser di Indonesia hari ini, Rabu (15/11/2023).

Direktur Jenderal Imigrasi Kemenkumham, Silmy Karim, menyebut kedatangan Coldplay adalah momentum tepat untuk menyosialisasikan jenis visa baru Indonesia.

Baca Juga

"Pemerintah berupaya menjadikan Indonesia sebagai negara destinasi kegiatan/event internasional yang diperhitungkan. Untuk itu, Direktorat Jenderal Imigrasi mengeluarkan kebijakan music and art visa, dengan persyaratan yang ringkas dan pengajuannya juga sangat mudah, dilakukan secara online," kata Silmy pada Selasa (14/11/2023).

Kini, artis internasional yang akan menggelar konser musik di Indonesia tidak perlu lagi melampirkan izin tenaga kerja, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), hingga surat keterangan berpengalaman kerja minimal lima tahun.

 

Silmy menjelaskan penyederhanaan persyaratan untuk artis mancanegara dilakukan karena mereka hanya beraktivitas dalam waktu singkat di Indonesia.

"Pekerjaan yang dilakukan oleh grup band atau penyanyi mancanegara di Indonesia juga tidak memberikan efek persaingan kepada tenaga kerja lokal. Selain itu, SKCK tidak ada di luar negeri sehingga jika dipersyaratkan akan menjadi hal yang tidak lazim," ujar Silmy.

Permohonan music and art visa dapat dilakukan langsung oleh pihak penyelenggara acara atau promotor melalui website evisa.imigrasi.go.id. Silmy berharap Indonesia agar menjadi negara destinasi wisata musik dan seni lewat jenis visa itu.

"Indonesia punya banyak spot wisata yang alamnya indah dan budayanya sangat unik. Jika semakin banyak orang (WNA) datang ke sini untuk nonton konser musik, kita membuka peluang bagi mereka untuk mengeksplorasi sisi-sisi menarik Indonesia yang lain sehingga mendatangkan devisa. Selain itu, dari sisi WNI juga tak perlu ke luar negeri untuk nonton konser," ujar Silmy.

Diketahui, Coldplay akan menggelar konser di Indonesia untuk pertama kalinya pada 15 November 2023 berlokasi di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Pihak promotor dikabarkan sudah melakukan pemasangan sound hingga panggung pada 6 November 2023.

Kapasitas Stadion Utama Gelora Bung Karno ini 78 ribu orang. Pihak promotor telah menjual 70 ribu tiket dengan range harga mulai dari Rp 800 ribu hingga Rp 11 juta. Tiket untuk umum sudah dijual sejak 19 Mei 2023, dan full booked dalam waktu 30 menit.

 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement