Senin 06 Nov 2023 04:37 WIB

PLN UID Sumut Berikan Bantuan Latihan Menjahit Kelompok Usia Muda

PLN berkomitmen meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Logo PT PLN
Foto: portal.pln.co.id
Logo PT PLN

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Srikandi PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara(Sumut) memberikan bantuan pendampingan dan pelatihan workshop mahir menjahit kepada peserta kelompok menjahit usia muda produktif di kursus menjahit Pakaian Wanita Ervina Jalan Kasuari Medan.

Peserta kelompok menjahit usia muda produktif yang terbagi dalam dua kelompok dimana masing-masing kelompok terdiri dari 10 orang Srikandi PLN melakukan kunjungan pendampingan yang diistilahkan sebagai women support women, yakni sebuah dukungan dari kaum perempuan terhadap kaum perempuan untuk mengembangkan potensi diri dan mandiri secara finansial melalui keahlian yang dimiliki.

Baca Juga

"Para Srikandi harus punya keahlian sendiri untuk menjadi wanita mandiri, saya bangga dengan peserta pelatihan ini karena karyanya yang sekarang ini saja sudah memiliki ciri khas sendiri. Semangat untuk menjadi penjahit andal," kata Yessi Indra selaku Champion Srikandi PLN UID Sumut, dalam keterangan, Ahad (6/11/2023).

Yessi menyebutkan pendampingan dan pelatihan ini sudah dimulai sejak bulan Juli 2023 sampai dengan Desember 2023, dan akan tetap dipantau progres perkembangannya selama tiga tahun.

"Para peserta juga diberikan kesempatan mengikuti uji kompetensi untuk mendapatkan sertifikasi nasional sebagai pengakuan kemampuan sesuai standar kompetensi yang dibutuhkan dalam industri pakaian jadi," ucapnya.

Sebelumnya, para peserta ini mengikuti pelatihan ada yang masih awal, ingin memperdalam keahliannya. Pendampingan masih akan terus dilakukan sampai seluruh peserta terampil untuk membuka usahanya sendiri atau mengikuti lowongan pekerjaan yang ada.

"Sudah ada beberapa produksi yang dilakukan walaupun sifatnya belum massal, yakni jilbab dan gamis. Namun untuk memproduksi pakaian khusus seperti yang memiliki kerah bervariasi atau bordiran, peserta masih harus terus mengasah keterampilan nya di workshop setelah tahap pelatihan ini selesai," kata Zuraidah Nasution, perwakilan BMM.

Zuraidah mengatakan setelah pelatihan selesai Desember 2023, peserta belum langsung membuka usaha sendiri tetapi dimagangkan terlebih dahulu di workshop selama empat bulan dua minggu atau 72 kali pertemuan untuk mematangkan keahlian peserta sesuai kebutuhan pasar.

General Manajer PLN UID Sumatera Utara, Awaluddin Hafid, menyampaikan dukungan penuh program kerja Srikandi PLN tidak hanya memberikan bantuan pelatihan, namun juga menyediakan wadah bagi para pelaku UMKM.

"PLN fokus pada pengembangan UMKM, apalagi industri pakaian jadi memiliki banyak peminat. PLN mempunyai wadah sebagai media promosi dan menjangkau pasar yang lebih luas. Jadi nanti setelah ada hasil produksi dari peserta pelatihan ini yang mau dilempar ke pasar Indonesia, langsung bergabung di Marketplace PLN," kata Awaluddin.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement