Sabtu 04 Nov 2023 14:31 WIB

Pemkot Tangerang Gelar Gerakan Pangan Murah pada 6-29 November 2023

Harga komoditas pangan yang naik cukup signifikan ialah cabai dan bawang.

Warga antre membeli beras program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) seharga Rp52 ribu per kemasan lima kilogram saat Gerakan Pangan Murah.
Foto: ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani
Warga antre membeli beras program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) seharga Rp52 ribu per kemasan lima kilogram saat Gerakan Pangan Murah.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Pemerintah Kota Tangerang, Banten melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) di 13 kecamatan di daerah itu mulai tanggal 6 hingga 29 November 2023.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang, Muhdorun  mengungkapkan hari pertama GPM akan berlangsung di halaman Kecamatan Larangan pada Senin (6/11/2023) dan terakhir di halaman Kelurahan Porisgaga Kecamatan Batuceper pada Rabu (29/11/2023).

Baca Juga

Komoditas yang dijual mulai dari beras Program SPHP, minyak goreng, telur ayam ras, daging, ayam, sayuran, bawang merah, bawang putih, bawang bombai, cabai, kentang, wortel hingga sederet produk bahan pangan beku.

"Semua dibanderol dengan harga lebih murah dibanding harga pasaran,” kata Muhdorun, Sabtu (4/11/2023).

 

Ia menambahkan DKP Kota Tangerang bekerja sama dengan Perum Bulog, Paskomnas, Yomas, Prima Freshmart dan beberapa pemasok lainnya berperan dalam kegiatan itu. "Masyarakat diimbau tidak melewatkan layanan pangan murah ini, catat tanggal pelaksanaan di lokasi terdekat. Disarankan datang lebih awal, agar tidak kehabisan,” katanya.

Direktur Perumda Pasar Kota Tangerang Tietin Mulyati mengatakan harga komoditas pangan yang naik cukup signifikan ialah cabai dan bawang. Kenaikan cukup tinggi pada cabai rawit merah yang harga normalnya di angka Rp 50 ribu per kilogram, kini naik menjadi Rp 80 ribu hingga Rp 100 ribu per kilogram.

Selain itu, kenaikan juga terjadi pada bawang merah dari semula harga terendah Rp 25 ribu, saat ini naik di angka Rp 35 ribu per kilogram. Kenaikan harga pangan juga terjadi pada bawang putih dengan kenaikan Rp 5.000 hingga Rp 10 ribu per kilogram. Sedangkan pada komoditas minyak, telur dan daging masih terpantau stabil di sejumlah pasar di Kota Tangerang.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement