Jumat 03 Nov 2023 19:10 WIB

Pemilih Muda dan Tradisional Condong Pilih Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024

Kunci kemenangan Prabowo adalah kaum gen Z dan pendukung garis keras Jokowi.

Pendukung memakai topeng capres Prabowo Subianto dan cawapres Gibran Rakabuming Raka di luar kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat pada Rabu (25/10/2023).
Foto: AP Photo/Dita Alangkara
Pendukung memakai topeng capres Prabowo Subianto dan cawapres Gibran Rakabuming Raka di luar kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat pada Rabu (25/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID,

 

JAKARTA -- Pasangan Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mendapatkan dukungan solid dari kalangan milenial dan generasi Z pada Pilpres 2024. Besarnya limpahan suara pemilih muda tersebut, berpeluang menguatkan kemenangan Prabowo-Gibran.

Direktur Political Public and Policy Studies, Jerry Massie menjelaskan, dukungan dari kalangan muda dan milenial menjadi booster positif bagi Prabowo-Gibran untuk memenangkan kontestasi Pilpres 2024. Hal itu lantaran suara pemilih muda hingga generasi Z yang mencapai 56 persen dari total pemilih.

 

"Suara yang akan menentukan kemenangan Prabowo-Gibran yakni suara milenial dan generasi Z hampir mencapai 56 persen dari total pemilih 2024," kata Jerry, ketika dihubungi di Jakarta, Jumat (3/11/2023).

Pemilihan Gibran sebagai cawapres, tentu akan memberikan keuntungan yang signifikan bagi Prabowo. Dengan dipilihnya wali kota Solo yang berusia 36 tahun tersebut, kata Jerry, peluang Prabowo mendapatkan suara mayoritas dari pemilih muda dan milenial semakin terbuka lebar.

Merujuk hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA periode 4-12 September 2023, Prabowo-Gibran terbanyak mendapat dukungan dari pemilih berusia 30 tahun atau di angka 49,5 persen. Capaian itu diikuti Ganjar Pranowo-Mahfud MD dengan 26,5 persen dan Anies Rasyid Baswedan-Abdul Muhaimin Iskandar dengan 15,2 persen.

Kemudian dari pengelompokan usia, Prabowo-Gibran banyak mendapatkan dukungan dari generasi Z (17-23 tahun) dengan total suara mencapai 50,0 persen. Diikuti dengan milenial (24-42 tahun) yang juga memberikan dukungan penuh kepada Prabowo-Gibran dengan 39,4 persen suara.

Maka dari itu, Jerry menekankan, peluang Prabowo-Gibran untuk memenangkan Pilpres 2024, semakin besar. Selain dari generasi muda, dukungan kepada Prabowo-Gibran juga akan semakin menguat dengan adanya pendukung garis keras Jokowi.

"Kunci kemenangan Prabowo memang selain kaum gen Z dan milenial akan datang dari pemilih tradisional hingga pendukung garis keras Jokowi," ujar Jerry.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement