Kamis 02 Nov 2023 10:18 WIB

Forkonas PP DOB akan Dukung Capres-Cawapres, Syaratnya Pemekaran Daerah Jadi Program Kerja

Pembentukan daerah otonomi baru dinilai mengakselerasi pembangunan daerah.

Ketua Umum Forkonas PP DOB Syaiful Huda dalam Rapat Koornasi Nasional (Rakornas) di Jakarta, Rabu (1/11/2023).
Foto: Dok Pri
Ketua Umum Forkonas PP DOB Syaiful Huda dalam Rapat Koornasi Nasional (Rakornas) di Jakarta, Rabu (1/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Forum Koordinasi Nasional Percepatan Pembentukan Daerah Otonomi Baru (Forkonas PP DOB) menyatakan, bakal mendukung calon presiden dan calon wakil presiden yang berani memasukkan pemekaran wilayah dalam visi, misi, dan program kerja. Hal itu sebagai bentuk komitmen mereka terhadap pembentukan daerah otonomi baru sebagai salah satu akselerasi pembangunan daerah. 

Hal itu disampaikan Ketua Umum Forkonas PP DOB Syaiful Huda saat memberikan sambutan dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Forkonas PP DOB di Jakarta, Rabu (1/11/2023). Hadir dalam forum tersebut jajaran pengurus forum komunikasi daerah (Forkoda) PP DOB dari seluruh Indonesia. Selain itu, hadir juga para aktivis pemekaran wilayah di Sumatra, Jawa, Sulawesi, hingga Papua. 

Baca Juga

“Kami akan meminta kepada paslon siapapun mereka untuk menjadikan pembentukan daerah otonomi baru masuk ke dalam visi, misi, dan program kerja mereka yang disampaikan ke KPU,” ujar Syaiful Huda dalam keterangannya, Kamis (2/11/2023). 

Huda mengatakan, komitmen untuk memasukkan agenda pembentukan daerah otonomi baru sebagai visi, misi, dan program kerja menjadi indikator keseriusan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden. Menurutnya, hal ini penting karena faktanya dalam sembilan tahun terakhir telah terjadi penangguhan usulan pembentukan daerah otonomi baru oleh pemerintah.

 

“Memasukkan agenda pembentukan daerah otonomi baru ke visi, misi, dan program kerja akan memastikan agenda tersebut akan masuk ke dalam rancangan pembangunan jangka menengah (RPJM) maupun jangka panjang,” katanya. 

Dia menegaskan, jika ada pasangan capres-cawapres yang memasukkan agenda pembentukan DOB dalam visi-misi mereka, maka Forkonas PP DOB secara institusional bisa menyampaikan dukungan resmi kepada mereka. Menurutnya, Forkonas PP DOB mempunyai jaringan ke seluruh Indonesia dan diisi oleh para aktivis yang mempunyai basis militan di lapangan.

“Kami yakin dukungan dari Forkonas PP DOB akan memberi pengaruh besar bagi kemenangan siapapun calon presiden dan calon wakil presiden yang saat ini berkontestasi,” katanya. 

Huda mengaku mendengar jika satu-satunya pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) yang memasukkan agenda pembentukan daerah otonomi baru dalam visi, misi, dan program kerja mereka. Menurutnya, ada kemungkinan Forkonas PP DOB akan memberikan dukungan kepada pasangan AMIN secara insitusi. 

“Jika memang pasangan AMIN satu-satunya yang memberikan ruang bagi agenda pembentukan DOB, ya bisa jadi kita akan dukung mereka secara resmi,” ujar Huda.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement