Kamis 02 Nov 2023 07:27 WIB

Waspada, Hanya Ada 8 Rangkaian, Waktu Tunggu LRT Hingga 1 Jam

Waktu tunggu LRT bisa hingga 1 jam karena hanya ada 8 rangkaian hari ini.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Bilal Ramadhan
Kereta LRT Jabodebek melintas di jalur LRT Cawang - Dukuh Atas, Jakarta. Waktu tunggu LRT bisa hingga 1 jam karena hanya ada 8 rangkaian hari ini.
Foto: Republika/Prayogi
Kereta LRT Jabodebek melintas di jalur LRT Cawang - Dukuh Atas, Jakarta. Waktu tunggu LRT bisa hingga 1 jam karena hanya ada 8 rangkaian hari ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perawatan sarana kereta LRT Jabodebek saat ini masih berlangsung sejak diumumkan pada 18 Oktober 2023. Dengan adanya perawatan tersebut saat ini rangkaian kereta yang beroperasi terus berkurang setelah sebelumnya dipastikan beroperasi dengan sembilan rangkaian LRT saja.

"Dengan adanya perawatan ini, maka rangkaian kereta yang dapat dioperasikan penuh ada delapan rangkaian," kata Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal dalam pernyataan tertulisnya, Rabu (1/11/2023).

Baca Juga

Risal mengungkapkan Ditjen Perkeretaapian Kemenhub telah mengarahkan pihak operator, kontraktor, dan stakeholder lainnya untuk tetap mempertahankan layanan. Selain itu juga meminta segera menindaklanjuti temuan yang ada saat ini.

"Kami berharap pihak operator dapat memaksimalkan seluruh rangkaian ini," ucap Risal.

Selama proses perawatan berlangsung, pelayanan LRT Jabodebek akan disesuaikan. Headway atau waktu tunggu antar kereta saat peak hour atau jam sibuk untuk lintasan Harjamukti/Jatimulya-Cawang (pp) selama 30 Menit dan Cawang-Dukuh Atas (pp) 15 menit.

Sementara itu saat di luar jam sibuk, waktu tunggu kereta LRT Jabodebek untuk lintasan Harjamukti/Jatimulya-Cawang (pp) selama 60 Menit. Lalu untuk lintasan Cawang-Dukuh Atas (pp) waktu tunggunya selama 30 menit.

Terkait hal tersebut, Risal menyampaikan agar para calon penumpang LRT Jabodebek dapat menyesuaikan jadwal keberangkatannya. Risal juga meminta operator dapat aktif menginformasikan perubahan jadwal selama perawatan berlangsung.

“Jangan sampai menimbulkan kebingungan pada masyarakat,” tutup Risal. 

Untuk Dukuh Atas-Jatimulya total 24 perjalanan untuk keberangkatan pertama pada pukul 06.00 WIB dan keberangkatan terakhir pada 20.00 WIB. Lalu untuk Jatimulya-Dukuh Atas total 24 perjalanan dengan keberangkatan pertama pada pukul 05.00 WIB dan keberangkatan terakhir pada pukul 19.00 WIB.

Sementara itu untuk rute Dukuh Atas-Harjamukti total 26 perjalaman dengan keberangkatan pertama pada pukul 05.12 WIB dan keberangkatan terakhir pada pukul 20.12 WIB.

Lalu untuk rute Harjamukti-Dukuh Atas total 26 perjalanan dengan keberangkatan pertama pada pukul 05.12 WIB dan keberangkatan terakhir pukul 20.12 WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement