Sabtu 28 Oct 2023 17:59 WIB

Ganjar Ajak Khofifah dan Ridwan Kamil untuk Mendukungnya pada Pilpres 2024

Ganjar Pranowo mengakui, mengajak kawan-kawan ini harus butuh kelegaan hati.

Rep: Flori Anastasia Sidebang/ Red: Erik Purnama Putra
 Calon presiden (capres) PDIP, Ganjar Pranowo.
Foto: AP Photo/Achmad Ibrahim
Calon presiden (capres) PDIP, Ganjar Pranowo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon presiden (capres) Ganjar Pranowo berniat mengajak Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa untuk memberi dukungan baginya dan Mahfud MD dalam memenangkan Pilpres 2024. Hal itu setelah ia mendapat dukungan putri Gus Dur, yaitu Yenny Wahid pada Jumat (27/10/2023).

"Iya sih. Saya komunikasi terus-menerus ketika saya ke Jawa Timur. ‘Bu Khofifah saya di sini’, 'ya mudah-mudahan sukses' karena saya sangat baik sama beliau," kata Ganjar di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta, Sabtu (28/10/2023).

Baca Juga

Selain itu, Ganjar juga menyebut nama mantan Gubernur Jawa M Barat Ridwan Kamil. Dia memiliki niat serupa terhadap wakil ketua umum DPP Partai Golkar tersebut. Meski begitu, Ganjar menyadari bahwa langkah tersebut tentu tidak mudah dilakukan.

"Kang Emil juga mau kita tarik semuanya. Tapi kan mengajak kawan-kawan ini harus butuh kelegaan hati, kesamaan batin, agar kita bisa kompak. Saya haqqul yaqin, paling cocok, ya, dengan Ganjar-Mahfud, kawan-kawan ini," ungkap Ganjar.

 

Adapun nama Khofifah juga sempat disebut sebagai kandidat kuat cawapres Ganjar bersama dengan Menko Polhukam Mahfud MD. Pasalnya, keduanya diketahui mempunyai basis massa cukup besar di Jawa Timur. Pun baik Khofifah dan Mahfud merupakan menteri pada era Presiden Gus Gur.

Namun, akhirnya Mahfud yang terpilih mendampingi Ganjar untuk maju dalam Pilpres 2024.Sebelumnya, Ketua Barikade Gus Dur, Yenny Wahid secara resmi menyatakan dukungannya kepada bakal pasangan capres dan cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Putri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid alias Gus Dur itu juga ditunjuk menjadi Dewan Penasihat Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud.  "Jadi, Mbak Yenny akan bergabung di struktur Tim Pemenangan Nasional dan beliau akan duduk di Dewan Penasihat bersama dengan Mbak Puan," kata Ketua TPN Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid beberapa waktu lalu.

Menurut Arsjad, Yenny akan menemani Puan Maharani di jajaran Dewan Penasihat TPN Ganjar-Mahfud untuk memastikan persatuan bangsa. Sebelumnya, Yenny menyatakan dukungannya kepada bakal pasangan capres dan cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD pada Pilpres 2024.

Yenny mengaku pihaknya mengenal dekat Mahfud MD, sehingga kedekatan itu menjadi alasan utama baginya untuk mendukung Ganjar-Mahfud. "Karena roso (rasa) tersebut, kedekatan hati, maka kami Barisan Kader Gus Dur menyatakan dukungan ke pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD," kata Yenny.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement