Jumat 27 Oct 2023 17:49 WIB

Ditanya Alasan Terima Pinangan Prabowo Jadi Cawapres, Begini Jawaban Gibran

Bacawapres Gibran enggan menjelaskan alasan menerima pinangan Prabowo Subianto.

Rep: c02/ Red: Bilal Ramadhan
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming. Bacawapres Gibran enggan menjelaskan alasan menerima pinangan Prabowo Subianto.
Foto: EPA-EFE/BAGUS INDAHONO
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming. Bacawapres Gibran enggan menjelaskan alasan menerima pinangan Prabowo Subianto.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO – Gibran Rakabuming enggan membeberkannya alasan dirinya menerima pinangan Prabowo Subianto menjadi cawapres. Ia mengaku sudah menjawab hal tersebut beberapa waktu lalu.

"Sudah saya jawab kemarin sudah ya jumatan dulu ya," kata Gibran ketika ditemui di balai kota Solo, Jumat (27/10/2023). 

Baca Juga

Sebelumnya, Gibran mengaku telah berkali-kali diminta Prabowo untuk menjadi Cawapres. Namun ia juga mengaku telah melaporkan hal tersebut kepada Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan Ketua DPP PDIP Puan Maharani. 

"Semua orang sudah tahu beliau (Prabowo) udah meminta berkali kali dan sudah saya laporkan ke pimpinan ke pak sekjen mb Puan dan lain lain. (Jawabannya?) Umurnya tidak cukup, wis kui wis jelas to," kata Senin (9/10/2023). 

Kendati demikian, Prabowo Subianto pada Ahad (22/10/2023) malam mengumumkan Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) pendampingnya untuk Pilpres 2024. Namun, pengumuman yang dilaksanakan di kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara, Jakarta tanpa kehadiran Gibran.

Padahal, semua ketua umum dari partai pengusung di Koalisi Indonesia Maju (KIM). Mulai dari Partai Gerindra, Partai Golkar, PAN, Partai Demokrat, Partai Gelora, PBB, Partai Garuda, sampai Partai Prima.

"Kita telah berembuk secara final dan secara konsensus seluruhnya sepakat mengusung Prabowo Subianto sebagai capres KIM untuk 2024-2029 dan saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres dari KIM," kata Prabowo, Ahad (22/10/2023).

Setelah itu, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi didaftarkan sebagai pasangan capres-cawapres Pilpres 2024. Keduanya didaftarkan oleh tujuh partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) di kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Kamis (19/10/2023) atau hari terakhir pendaftaran. 

Prabowo dan Gibran tampak hadir langsung di ruang pendaftaran pada pukul 11.41 WIB. Tentu hadir ketua umum dan sekjen dari sembilan partai politik pendukung Prabowo. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement