Kamis 26 Oct 2023 19:32 WIB

Bupati Bantah Ada Bencana Kelaparan di Yahukimo

Menurut Bupati, warga yang meninggal di Yahukimo disebabkan malaria dan ISPA.

Kabupaten Yahukimo, Papua
Foto: ANTARAFOTO
Kabupaten Yahukimo, Papua

REPUBLIKA.CO.ID, YAHUKIMO -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Yahukimo, Papua Pegunungan menyatakan saat ini tidak ada bencana kelaparan yang menyebabkan kematian massal Distrik Amuma. Pemkab Yahukimo juga telah menggelar rapat koordinasi dengan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK).

"Berdasarkan data yang diperoleh oleh tim di lapangan bahwa tidak ada bencana kelaparan yang menyebabkan kematian massal pada Rabu, 25 Oktober 2023," kata Bupati Yahukimo Didimus Yahuli dalam siaran pers yang diterima Antara di Jayapura, Kamis (26/10/2023).

Baca Juga

Menurut Yahuli, dalam rentang waktu sejak Februari hingga Oktober 2023 jumlah angka kematian di Distrik Amuma sebanyak 22 orang yang terdiri dari 11 orang dewasa termasuk empat lansia dan 11 anak-anak.

"Sehingga kami memastikan bahwa angka kematian di Distrik Amuma tidak dilatarbelakangi dari banyak keluhan seperti malaria dan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA)," ujarnya.

 

Dia menjelaskan pihaknya tidak memungkiri bahwa saat ini di Distrik Amuma sedang mengalami kondisi kekurangan pangan disebabkan kondisi cuaca ekstrem. "Dan sebagai upaya penanganan awal pemerintah daerah telah mengirimkan beras dan akan menyusul bantuan bahan pokok hingga obat-obatan," katanya lagi.

Yahuli menambahkan, pihaknya berharap situasi dan kondisi di Amuma saat ini dapat disampaikan dengan baik sesuai kondisi yang sebenarnya. "Sehingga tidak berbuntut pada penyampaian informasi yang tidak sesuai dan menyebabkan reaksi berlebihan," ujarnya.

 

 

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement