Senin 23 Oct 2023 20:29 WIB

Pembacaan Rotib di Peringatan Hari Santri, Relawan Asandra Rangkul Warga Batu

Momentum ini menjadi momen penting dalam menghormati perjuangan santri.

Relawan Asandra merayakan Hari Santri dengan menggelar pembacaan rotib, suatu tradisi yang telah lama menjadi bagian dari budaya santri.
Foto: Dok. Web
Relawan Asandra merayakan Hari Santri dengan menggelar pembacaan rotib, suatu tradisi yang telah lama menjadi bagian dari budaya santri.

REPUBLIKA.CO.ID, BATU -- Peringatan Hari Santri, 22 Oktober, bukan ritual tahunan tanpa makna; bukan pula semata arak-arakan drumband, tetapi butuh pemaknaan yang realistis, mengandung maslahat, dan bermanfaat jangka panjang.

Seperti dinukil dari Antara, perayaan Hari Santri Nasional tahun ini istimewa karena bertepatan dengan detik-detik menjelang perhelatan akbar nasional yang strategis, Pemilu. Ini artinya, santri dituntut memainkan peran sosial-politik sekaligus, menjadi santri dan menjadi warga negara.

Baca Juga

Peringatan Hari Santri yang dilangsungkan di Kota Batu, Jawa Timur pun bukanlah peristiwa biasa bagi masyarakat Muslim di Indonesia. Momentum ini menjadi momen penting dalam menghormati perjuangan santri dalam melestarikan agama dan menggalakkan ilmu pengetahuan. 

Relawan Asandra merayakan Hari Santri dengan menggelar pembacaan rotib, suatu tradisi yang telah lama menjadi bagian dari budaya santri. Acara ini digelar secara tepat di Torongrejo, Kecamatan Junrejo, sebuah tempat yang penuh dengan makna dalam sejarah perjuangan santri di wilayah ini.

 

Pembacaan rotib, dengan nada suara yang khusyuk dan serius, membawa pesan-pesan spiritual yang mendalam kepada seluruh peserta. Dalam momen ini, para hadirin diajak untuk merenung dan merayakan dedikasi santri dalam perjuangan mereka untuk mengejar ilmu dan kebenaran. Namun, acara ini bukan hanya tentang memperingati masa lalu, tetapi juga tentang merancang masa depan.

Selain sebagai bentuk penghormatan kepada peran santri dalam sejarah, kegiatan ini juga dijadikan medium oleh Relawan Asandra untuk memperkenalkan Asandra Salsabila kepada masyarakat. Asandra memiliki impian besar untuk membawa perubahan positif kepada masyarakatnya. Ia telah memilih jalur politik sebagai wadah untuk mewujudkan visinya, dan saat ini ia berkompetisi sebagai calon legislator dari PPP.

Relawan Asandra dengan tulus berbagi tentang kepemimpinan dan visi politik yang dimiliki oleh Asandra Salsabila. Mereka menyoroti program-program yang akan dijalankannya jika terpilih sebagai anggota legislatif dan menggambarkan bagaimana aspirasi Asandra sejalan dengan kebutuhan masyarakat Kota Batu.

"Asandra Salsabila adalah sosok pemuda yang memiliki semangat kuat dalam membawa perubahan positif. Kami yakin bahwa visinya untuk Kota Batu adalah apa yang kita butuhkan, dan kami mengajak semua warga untuk mendukungnya dalam perjalanan politiknya," kata salah satu anggota Relawan Asandra, Nurul seperti dinukil pada Senin (23/10/2023).

Dalam suasana yang sarat dengan semangat kebangsaan dan cinta akan perubahan, kegiatan peringatan Hari Santri yang diselenggarakan oleh Relawan Asandra menjadi lebih dari sekadar acara budaya.

"Masa depan bangsa ini ada di tangan kita, pemuda. Bersama, kita bisa menciptakan perubahan yang kita idamkan."

sumber : Antara
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement