Jumat 20 Oct 2023 11:43 WIB

Pemanfaatan AI dalam Dunia Pendidikan, Jadi Tema Seminar Universitas BSI Pontianak

Dengan AI, siswa dapat mendapatkan pengalaman pembelajaran yang lebih interaktif

Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Pontianak sebagai Kampus Digital Kreatif, didukung oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat akan menyelenggarakan kegiatan Seminar Pemuda Digital bertajuk Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) Dalam Dunia Pendidikan.
Foto: dok UBSI
Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Pontianak sebagai Kampus Digital Kreatif, didukung oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat akan menyelenggarakan kegiatan Seminar Pemuda Digital bertajuk Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) Dalam Dunia Pendidikan.

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Pemanfaatan AI atau kecerdasan buatan dapat membawa revolusi dalam dunia pendidikan. Di dunia pendidikan, Artificial Intelligence (AI) dapat mengubah cara kita belajar dan mengajar.

AI sendiri merupakan bidang teknologi komputer yang bertujuan untuk menciptakan mesin yang dapat melakukan tugas yang biasanya membutuhkan kecerdasan manusia. Dalam dunia pendidikan, AI dapat digunakan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan memberikan pengalaman yang lebih personal kepada siswa.

Keuntungan Pemanfaatan AI dalam Pendidikan, yaitu:

1. Pengalaman pembelajaran yang ditingkatkan

Dengan AI, siswa dapat mendapatkan pengalaman pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik melalui metode pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kecepatan belajar mereka secara individu.

2. Pemantauan kemajuan siswa

AI dapat membantu guru dalam melacak dan menganalisis kemajuan siswa secara real-time, sehingga guru dapat memberikan bantuan lebih tepat waktu dan efektif.

3. Peningkatan efisiensi proses pembelajaran

AI dapat membantu dalam menilai tugas dan ujian secara otomatis, mengurangi beban kerja guru, dan memungkinkan mereka untuk memberikan umpan balik yang lebih detail dan konstruktif kepada siswa.

Contoh aplikasi AI dalam pembelajaran

1.Virtual Reality (VR) dalam ruang kelas

VR memungkinkan siswa untuk mengalami pembelajaran yang imersif dan mendalam dengan mengunjungi tempat atau situasi yang tidak mungkin mereka alami secara langsung, seperti menjelajahi piramida Mesir Kuno atau mengikuti eksperimen ilmiah yang kompleks.

2. Pembelajaran adaptif dengan AI

AI dapat menganalisis data dan perilaku belajar siswa secara individu untuk menyusun program pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka, sehingga setiap siswa dapat belajar dengan cara yang paling efektif untuk mereka.

3. Sistem tutor cerdas

AI dapat berfungsi sebagai tutor virtual yang dapat memberikan penjelasan, menjawab pertanyaan, dan memberikan bimbingan kepada siswa di luar jam belajar.

Peran Guru dan Siswa dalam Pemanfaatan AI

1. Guru sebagai Fasilitator dan Pengawas

Meskipun AI membantu dalam proses pembelajaran, peran guru tetap penting dalam memfasilitasi penggunaan AI, mengawasi kemajuan siswa, dan memberikan intervensi yang diperlukan.

2. Siswa sebagai pembelajar mandiri

Dalam pemanfaatan AI, siswa menjadi aktif dalam proses pembelajaran mereka sendiri, mengambil tanggung jawab lebih besar atas kemajuan dan pengembangan mereka.

Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Pontianak sebagai Kampus Digital Kreatif, didukung oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat akan menyelenggarakan kegiatan Seminar Pemuda Digital bertajuk "Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) Dalam Dunia Pendidikan”.

Eri Bayu Pratama, selaku Kepala Kampus Universitas BSI kampus Pontianak mengatakan, seminar ini akan dilaksanakan di Hotel Harris Pontianak, Rabu tanggal 25 Oktober 2023, mulai pukul. 08:30 s.d 13:00 WIB. Kegiatan ini sekaligus memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tahun 2023.

“Seminar ini diperuntukkan bagi para guru serta siswa perwakilan dari Sekolah tingkat SMA yang ada di wilayah Kalbar,” ujarnya kepada media, Selasa (10/10/2023).

Seminar juga akan dihadiri langsung oleh Ka. Dinas Dikbud Provinsi Kalbar, Rita Hastarita, dengan menghadirkan narasumber Agung SR (CEO Universa Transformasi Digital sekaligus Alumni Universitas BSI), serta menghadirkan sosok pemudi inspiratif Sindy Novela (Putri Indonesia Jambi 2023 yang juga merupakan Mahasiswi Ilkom Universitas BSI).

Nah, buat kalian yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut, dapat menghubungi narahubung : Syarif (089697140391). Melalui seminar ini, kita bisa mengetahui tentang penerapan AI di dunia Pendidikan dan yang bisa kita manfaatkan sendiri.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement