Kamis 19 Oct 2023 18:54 WIB

Apakah Bakal Datang ke Rapimnas Golkar, Ini Jawaban Gibran

Walkot Solo Gibran membantah gabung AMPI meski tidak menjawab soal Rapimnas Golkar.

Rep: c02/ Red: Bilal Ramadhan
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Walkot Solo Gibran membantah gabung AMPI meski tidak menjawab soal Rapimnas Golkar.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Walkot Solo Gibran membantah gabung AMPI meski tidak menjawab soal Rapimnas Golkar.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO – Isu bergabungnya Wali Kota Solo Gibran Rakabuming makin santer terdengar. Hal tersebut mencuat usai Ketua Dewan Pakar Partai Golkar HR Agung Laksono yang mengungkapkan kehadiran Gibran menunjukkan jati diri partai beringin tersebut. 

Seperti diketahui, Golkar bakal menentukan calon wakil presiden (cawapres) yang akan diusulkan mendampingi Prabowo Subianto di Rapimnas pada Sabtu (21/10/2023) mendatang. Dimana sejumlah nama santer diisukan menjadi kandidat cawapres Prabowo mulai dari Menteri BUMN Erick Thohir, Gibran Rakabuming dan Ketum PBB Yusril Ihza Mahendra. 

Baca Juga

"Ini saja kami tidak ikut yang ikut itu kan provinsi. Tapi yang jelas daerah belum pernah diinformasikan. Mungkin setelah rapimnas itu daerah akan dikasih tahu," kata Sekretaris DPD 2 Golkar Solo Taufiqurrahman, Kamis (19/10/2023). 

Kendati demikian, isu Gibran bergabung dengan Golkar memang diakui Taufiqurrahman terdengar hingga ke daerah. "Jadi kami yang ada di daerah masih menunggu, sejauh mana kebenaran isu itu," katanya. 

Pihaknya mengatakan ada kemungkinan Gibran akan bergabung dengan ormas atau sayap partai terlebih dahulu sebelum memasuki kepengurusan. Ia mencontohkan hal tersebut seperti AMPI (Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia). 

"Kemungkinan aja masuknya lewat ormas dulu. Kita kan punya ormas, punya sayap. Yang jelas sinyalnya banyak banget. Ya mudah-mudahan seperti itu. Harapan pribadi saya (masuk Golkar)," katanya. 

Di sisi lain, Gibran mengaku tak ambil pusing jika namanya muncul saat rapimnas Golkar. Ia hanya memberikan respon santai ketika ditanya awak media mengenai hal tersebut. 

"Ya gak gimana-gimana," katanya. 

Gibran juga dengan tegas membantah bahwa dirinya bergabung dengan AMPI. "Gak, aku lho neng kene terus. Ya tulisen, nggak benar (saya gabung AMPI)," katanya.

Sebelumnya, Ketua Dewan Pakar Partai Golkar, Agung Laksono mempersilakan jika Gibran Rakabuming Raka ingin bergabung dengan partai berlambang pohon beringin. Menurut Agung, hadirnya putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu berarti menunjukkan Golkar itu menjadi pilihan anak-anak muda.

"Pada prinsipnya kami welcome, kita akan sambut dengan baik jika Gibran ingin gabung," ujar Agung Laksono lewat keterangannya, Selasa (17/10/2023).

Sebagai partai tengah, Partai Golkar sangat terbuka bagi semua kalangan, termasuk anak-anak muda. Apalagi partai berlambang pohon beringin itu memiliki sejarah sebagai institusi yang sangat terhormat dan konsisten membangun karya yang progresif.

"Identitas Golkar adalah karya dan kekaryaan untuk masyarakat, sehingga ada kontribusi nyata dari setiap pemerintahan. Dengan posisinya sebagai Wali Kota Solo saat ini, tentunya kehadiran Gibran akan menunjukkan jati diri Golkar sebagai partai yang fokus pada kerja nyata para kadernya sebagai pemimpin bangsa," ujar Agung Laksono.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement