Kamis 19 Oct 2023 18:17 WIB

Rapimnas Golkar Dalami Tokoh Potensial Cawapres Prabowo

Rapimnas Golkar akan mendalami sejumlah tokoh potensial untuk cawapres Prabowo.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Bilal Ramadhan
Menhan Prabowo Subianto dan Menteri BUMN Erick Thohir satu mobil dalam perjalanan dinas. Rapimnas Golkar akan mendalami sejumlah tokoh potensial untuk cawapres Prabowo.
Foto: @erickthohir
Menhan Prabowo Subianto dan Menteri BUMN Erick Thohir satu mobil dalam perjalanan dinas. Rapimnas Golkar akan mendalami sejumlah tokoh potensial untuk cawapres Prabowo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Golkar akan menggelar rapat pimpinan nasional (Rapimnas) pada 21 Oktober mendatang. Forum tertinggi kedua partai berlambang pohon beringin itu akan menjadi tempat mengambil keputusan strategis terkait pemilihan umum (Pemilu) 2024.

Ketua Steering Committee (SC) Rapimnas Partai Golkar, Ace Hasan Syadzily juga mengamini bahwa forum tersebut menjadi tempat pihaknya dalam mendalami sejumlah tokoh potensial untuk menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres) dari Prabowo Subianto. Di mana pada akhirnya, akan diputuskan satu nama untuk diusulkan kepada Menteri Pertahanan itu.

Baca Juga

"Tentu forum rapimnas ini akan membahas dalam forum tersebut terkait nama-nama yang muncul dan tentu kita akan juga mendengarkan pandangan-pandangan terkait dengan nama-nama cawapres," ujar Ace di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Kamis (19/10/2023).

DPP Partai Golkar juga akan mendengarkan aspirasi dari DPD I Partai Golkar yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Termasuk jika ada yang mengusulkan sosok independen yang bukan berasal dari partai politik.

"Tentu sebagai pengarah kita memfasilitasi dari rapat pimpinan nasional tersebut," ujar Ace.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto ditanya, apakah rapimnas juga menjadi tempat Partai Golkar untuk mengusulkan bakal cawapres untuk Prabowo? Airlangga mengatakan bahwa semua akan diputuskan dalam forum tersebut.

"Semua akan diputuskan," ujar Airlangga di Kantor DPP Partai Golkar, Rabu (18/10/2023) malam.

Ditanya kembali, apakah rapimnas juga akan menjadi tempat bagi partai berlambang pohon beringin itu untuk "meng-Golkarkan" seseorang? Airlangga hanya menjawab bahwa forum tersebut membahas keputusan Partai Golkar.

"Rapimnas hanya membahas keputusan Partai Golkar," ujar Airlangga.

Adapun dalam rapat pleno pada malam tersebut, Partai Golkar membahas sejumlah agenda. Di antaranya persiapan hari ulang tahun ke-59 Partai Golkar dan puncak peringatannya yang dirangkai dalam rapimnas.

Rapat pleno juga sekaligus menjadi forum pembahasan strategi menghadapi Pemilu 2024. Termasuk membahas pemenangan pemilihan presiden (Pilpres) dan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak.

"Pada prinsipnya seluruh persiapan menuju rapimnas, karena rapimnas ini menjadi penting sebelum Partai Golkar bersama partai-partai lain mendaftarkan di KPU," ujar Menteri Koordinator Perekonomian itu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement