Kamis 19 Oct 2023 10:04 WIB

Bercak Darah Kuatkan Yosep Diduga Terlibat dalam Pembunuhan Subang

Bercak darah yang ditemukan di baju Yosep identik dengan milik Tuti.

Rep: Fauzi Ridwan/ Red: Teguh Firmansyah
Pembunuhan (Ilustrasi)
Foto: pixabay
Pembunuhan (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Direktorat Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda Jabar mengungkapkan bercak darah pada baju yang dipakai Yosep Hidayah identik dengan darah korban pembunuhan Tuti Suhartini (55 tahun) dan Amalia Mustika Ratu (23). Yosep Hidayah suami Tuti dan ayah Amalia ditetapkan tersangka beserta M Ramdanu, Mimin, Arighi dan Abi.

"Bercak darah itu ditemukan di baju yang dipakai oleh Yosep kemudian dilakukan uji DNA terhadap darah itu lalu ditemukan fakta darah itu identik dengan darah korban Tuti dan Amalia," ucap Direktur Kriminal Umum Polda Jabar Kombes Pol Surawan, Kamis (19/10/2023).

Baca Juga

Ia menuturkan bercak darah di baju Yosep sudah ada setelah kejadian dan saat Yosep Hidayah melapor ke Polsek setempat. Surawan mengatakan tiga bulan terakhir intensif melakukan pemeriksaan saksi yang melihat tersangka di tempat kejadian perkara.

"Betul (bercak darah ada) sejak Yosep melapor ke polsek. Selama tiga bulan terakhir melakukan pemeriksaan terhadap saksi yang melihat tersangka ini di TKP saat kejadian, selama ini yang belum banyak," kata dia.

 

Ia melanjutkan penyidik selama ini melakukan analisis CCTV dan alat bukti lainnya. Surawan mengatakan terdapat keterangan M Ramdanu saat diperiksa di Polsek berbeda dengan keterangannya saat ini.

Namun, ia mengaku belum mengetahui persis keterangan saat itu dan belum didalami. Dengan bahan-bahan dan bukti yang ada, akan ditanyakan kepada mereka yang diduga pelaku.

Sebelumnya, Direktorat Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda Jawa Barat menetapkan lima tersangka dalam kasus pembunuhan ibu dan anak Tuti Suhartini (55 tahun) dan Amalia Mustika Ratu (23 tahun) di Subang yang terjadi dua tahun lalu. Mereka yaitu suami korban YH, MR (sebelumnya disebut D), M, A dan A.

Direktur Kriminal Umum Polda Jabar Kombes Pol Surawan mengatakan telah melakukan pemeriksaan intensif selama tiga bulan terakhir. Dua pekan terakhir, pria berinisial MR yang merupakan orang dekat YH datang ke Polda Jabar dan mengakui terlibat dalam pembunuhan.

"Dari MR kita mendapatkan beberapa orang yang menurut dia sebagai pelaku dan dilakukan penangkapan. Dari empat orang ini sudah ditetapkan tersangka dan lima termasuk MR. Kita tahan dua orang yaitu YH dan MR," ucap dia di Mapolda Jabar, Rabu (18/10/2023).

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement